Simpan Sabu, Bule Inggris Terancam 12 Tahun Penjara

Senin, 24 Oktober 2016 18:48 Hukum & Kriminal

Bagikan

Simpan Sabu, Bule Inggris Terancam 12 Tahun Penjara
Terdakwa Kieth John Barnes (tengah) yang terancam hukuman 12 tahun penjara (SN)
Denpasar,Semetonnews-Bule Inggris bermana Kieth John Barnes (60) yang kedapatan menyimpan narkotika jenis sabu sebarat 0,68 gram (kristal) dan 0,62 gram (bercampur air), Senin (24/10/2016) harus berhadapan dengan majelis hakim PN Denpasar untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya.

Dalam sidang, selain mendengarkan dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) IGN. Kusumayasa Diputra yang diwaliki Jaksa Agung Jayanlantara, ada dua saksi yang dihadirkan. Dari keterangan saksi yang tidak lain adalah saksi polisi, terungkap bawah, terdakwa mendapat barang bukti berupa sabu dari seseorang bernama Wayan di Legian.

Dan dari pengakuan saksi terungkap pula bahwa, terdakwa menggunakan sabu tidak seperti layaknya pengguna lain. Melainkan mencapur sabu dengan cairan yang kemudian disuntikan kebagian tubuhnya."Jadi barang bukti yang masih dalam bentuk kristal, itu menurut terdakwa belum bisa digunakan karena masih dicampur dengan cairan,"terang saksi dihadapan majelis hakim pimpinan Estrar Oktavi.

Sementara itu, sebagaimana tertuang dalam dakwaan, terdakwa ditangkap polisi pada tanggal 25 Juli 2016 silam di dalam kamar Hotel Grand Mas di Jln. Legian, Kuta. Sebelum ditangkap, terdakwa terlebih dahulu membeli sabu-sabu dari seseorang bernama Wayan."Terdakwa membeli sabu dengan harga satu pekatnya Rp 10 juta,"terang Jaksa Agung Jayalantara.

Setelah membeli sabu, terdakwa kembali ke Hotel Grand Mas termpat terdakwa menginap. Tapi petugas polisi yang sudah melakukan pengintaian terhadap terdakwa langsung menemui terdakwa yang saat itu sedang berada di Restoran."Saat itu petugas menanyakan soal narkoba yang diberlinya itu dan dijawab terdakwa ada dalam kamarnya,"terang jaksa Kejari Denpasar itu.

Terdakwa lalu membawa petugas itu kedalam kamarnya dan langsung dilakukan pengeledahan. Saat dilakukan pengeledahan, petugas menemukan narkotika yang dimaksud. Ada yang masih dalam bentuk kristal bening, ada juga yang sudah bercampur dengan cairan. Atas perbuatan itu, terdakwa dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huru a UU RI. No. 35 tahun 2009 dengan ancaman hukman maksimal 12 tahun penjara.

Reporter : Maria Gracia