Kapal Tanker Berisi 38.400 Liter Solar Dikembalikan ke Terdakwa Wirata

Selasa, 25 Oktober 2016 23:10 Hukum & Kriminal

Bagikan

Kapal Tanker Berisi 38.400 Liter Solar Dikembalikan ke Terdakwa Wirata
Ketut Maha Agung (SN)
Denpasar,Semetonnews-Memang hingga berita ini ditulis putusan kasasi kasus yang menjerat bos PT. Sembilan Pilar dari Mahkamah Agung belum diterima secara utuh oleh Kejari Denpasar. Namun, poin penting dari putusan itu, sudah bisa diketahui.

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Denpasar yang ditemui diruang kerjanya, Selasa (25/10/2016) membenarkan bila pihaknya belum menerima utuh putusan dari MA itu."Kami masih terima petikanya saja. Dalam petikan itu disebutkan terdakwa divonis 3 tahun penjara,"kata Maha Agung.

Sementara mengenai barang bukti (BB) yang selama ini menjadi perbicangan, dikatakan Maha Agung, untuk BB kapat tenker yang berisi 38.400 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dikembalikan kepada terdakwa."Sedangkan BB berupa mobil tengki dirampas oleh negara,"tegasnya.

Maha Agung mengatakan, terdakwa Wirata dinyatakan terbukti bersalah menyalahgunakan pengangkutan dan niaga bahan bakar minyak yang disubsidi pemerintah dan menggunakan surat palsu. Dengan demikian, kabar yang beredar bahwa terdakwa wirata divonis 4 tahun dan semua barang bukti dirampas untuk negara terpatahkan.

"Yang jelas apa yang tadi saya bacakan itu adalah putusan dari MA, soal yang lain saya tidak tahu,"pungkasnya. Seperti dikabarkan sebelumnya, ada kabar beredar bahwa majelis hakim kasasi mengambulkan kasasi yang dimohonkan jaksa untuk melawan putusan banding. Beredar kabar pula, putusan kasasi sudah turun sejak setahun lalu namun "menghilang" entah kemana.

Reporter : Maria Gracia