Perhari Mobil Tangki Pertamina Kencing 4 Ribu Liter BBM Beroperasi Sejak 2011

Kamis, 27 Oktober 2016 06:00 Hukum & Kriminal

Bagikan

Perhari Mobil Tangki Pertamina Kencing 4 Ribu Liter BBM Beroperasi Sejak 2011
Mobil Tangki di depan Gudang, Antre Masuk Gudang, ( tim- SN)
Karangasem, Semetonnews - Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium untuk Provinsi Bali sesuai data yang diperoleh Tim Semetonnews dari Pertamina kurang lebih 3000 kiloliter per hari.

Jumlah itu adalah BBM yang dipersiapkan oleh Depo untuk masing masing SPBU, jumlah ini pun belum ditambah dengan pasokan minyak untuk industri.


 Aktivitas " ngecor ' di Gudang Banjar Tegal Langlangan, memang telah terendus, sayangnya hal ini dibiarkan karena dari informasi yang kami dapat dari Wayan (bukan nama sebenarnya), yang bertugas menghitung di dalam Depo Manggis, "kebocoran hanya mencapai satu persen yang artinya kendaraan tangki hanya ngecor 1 drum, per drum hanya 200 liter,"ungkapnya.

Perlu diketahui jika 1 drum berisi 200 liter BBM, kendati jumlahnya relatif kecil inipun juga hak publik yang diambil, jika benar 200 liter per mobil coba dikalikan 20 mobil per hari yang artinya ada 4000 liter minyak ilegal yang hilang setiap harinya. Dalam hitungan rupiah, jika harga jenis premium perliternya Rp 6.450 x 4000 liter maka total nilai sehari kurang lebih Rp 25 jutaan.


Bahkan informasinya di internal Polres Karangsem aktivitas ini sudah bukan barang baru, gudang yang telah berdiri sejak 2011 ini menurut salah satu Perwira Polisi di Polres Karangasem sudah beroperasi sejak lama. "Itu sudah lama Mas, bukan barang baru. Bekingnya kuat dari Denpasar," pungkas sumber polisi tersebut.

Sayang sumber tersebut enggan menyebut nama, sementara perkembangan info lapangan coba kami cek kepada Pertamina Bali untuk konfirmasi kebenaran terkait hal tersebut, sumber kami di Pertamina mengakui memang ada keluhan dari pengusaha dan pihak Pertamina sedang melakukan penyelidikan. 

Reporter: (Tim Semetonnews.com)