Desa Pinge Dikembangkan Jadi Desa Wisata

Jumat, 11 November 2016 18:01 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Desa Pinge Dikembangkan Jadi Desa Wisata
Menteri BUMN RI Rini M Soemarno bersama Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti usai menandatangani MOU. (Trisna Ayu/SN)
Tabanan, Semetonnews – Desa Wisata Pinge yang terletak di Kabupaten Tabanan, Jumat (11/11/2016) diresmikan sebagai Desa Binaan Sinergi BUMN dan Program Homestay untuk Negeri. Program tersebut merupakan pengembangan desa wisata di Indonesia yang dilakukan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), serta PT Patra Jasa (Patra Jasa), PT Bank BTN, serta PT Patrajasa.
 
Kerjasama pengembangan tersebut diawali dengan penandatanganan MOU antara Sinergi BUMN dengan Kepala Desa Pinge yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri BUMN Republik Indonesia, Rini M. Soemarno.
 
Dalam kesempatan tersebut Rini M. Soemarno menyampaikan bahwa pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan asing pada 2019 ke Indonesai adalah sebanyak 20 juta. Untuk itu Presiden RI Joko Widodo menekankan bagaimana BUMN bisa turut membantu dalam program pariwisata pemerintah tersebut.

Namun menurutnya pengembangan pariwisata bukan hanya membangun hotel atau resort mewah, namun bagaimana membangun hal-hal yang menarik yang didasarkan keaslian dan kearifan lokal. “Banyak wisatawan yang tertarik dengan keasrian dan keaslian dari kerarifan lokasl suatu wilayahnya,” ungkapnya.

Desa Pinge sendiri merupakan salah satu desa yang telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Tabanan sebagai desa wisata. Desa ini yang memiliki luas 145 ha yang terdiri dari 160 Kepala Keluarga atau 810 jiwa penduduk dan berada di ketinggian 500 meter diatas permukaan laut.

Disamping itu, Desa Wisata Pinge yang akan dikembangkan dengan metode Community-based Tourism diharapkan dapat menjadi menjadi destinasi unggulan baru di wilayah Bali Utara sekaligus sebagai upaya untuk pemerataan pengembangan pariwisata Bali yang selama ini terpusat di Bali Selatan.

Reporter : Trisna Ayu
Editor: VR Nugraha