Woow, Cost Politik Calon Di Pilgub Diprediksi Mencapai Puluhan Millyar

Senin, 14 November 2016 12:51 Politik

Bagikan

Woow, Cost Politik Calon Di Pilgub Diprediksi Mencapai Puluhan Millyar
I Gusti Putu Artha (SN)
Denpasar, Semetonnews-Diprediksi, biaya untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2018 mendatang, diprediksi mencapai puluhan millyaran rupiah. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Politik sekaligus mantan Komisioner KPU RI I Gusti Putu Artha.

Menurutnya, siapa pun calon yang ingin menjadi Gubernur minimal harus memiliki dana antara Rp. 75 Miliar hingga Rp. 100 Milliar per calon."Prediksi saya itu, kalau nominalnya antara Rp. 75 Miliar sampai Rp 100 Milliar," katanya beberapa waktu yang lalu di Denpasar.

Dengan tingginya biaya politik pada Pilgub Bali 2018 mendatang, dirinya menghimbau kepada siapa pun agar pemilihan kepala daerah tersebut sebagai ijon politik. Hal ini dikarenakan agar nafas demokrasi bukan didasarkan pada kepentingan kekuasaan perorangan atau kelompok semata. Akan tetapi, menjadi ajang pesta demokrasi dan politik dalam memilih kepala daerah yang mampu mensejahterakan rakyatnya khususnya Bali. 

"Cost politik yang tinggi akan mendorong dan membuka ruang bagi terjadinya politik transaksional. Dampaknya, ketika calon itu terpilih, maka akan terjebak pada deal-deal kepentingan tertentu," tegasnya.

Maka dari itu, dirinya mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat Bali, mengingat Pilgub Bali masih terbilang jauh, agar jangan sampai memilih pemimpin. Pasalnya, jika sampai salah pilih, maka akan berdampak pada lima tahun kedepan. "Sekali salah memilih atau diam tidak bersikap, maka dampaknya sampai lima tahun," tandas Putu Artha.

Pria yang juga sempat menjadi Konsultan Teman Ahok ini juga berharap agar pada Pilgub Bali 2018 ini muncul calon pemimpin Bali yang memang layak dan mumpuni dalam segala hal. Misalnya saja, modal tegas, bersih, dan berani dalam mengambil sikap dan keputusan. Disamping itu, harapan lainnya yakni adanya figur alternatif atau tokoh muda.

Meskipun demikian, lanjutnya, pada intinya siapapun nantinya yang terpilih menjadi pemimpin Bali kedepan, diharapkan mampu membawa Bali menjadi lebih baik dan sejahtera. 

Reporter ; Hariz Ibrahim