Komisi II DPR naikan syarat, Ahok : saya mah ikut aja

Kamis, 17 Maret 2016 06:31 Nasional

Bagikan

Komisi II DPR naikan syarat, Ahok : saya mah ikut aja
(Teman Ahok/ Semetonnews)
Jakarta, Semetonnews- Putusan Mahkamah Konstitusi tahun lalu meringankan bagi para calon pemimpin kepala daerah yang akan maju lewat jalur independent. Sayangnya syarat dukungan akan dinaikan lagi oleh DPR lewat revisi UU Pilkada, ada apa di belakang rencana ini ? .

Tentu bukan mustahil jika dugaan bahwa DPR mengganjal niat AHok untuk maju lewat Jalur Indepent itu benar. 
dukungan syarat jalur independent dengan KTP sesuai putusan MK adalah 6,5- 10 persen dari jumlah Pemilih pada Pemilu sebelumnya, Yang mana ini adalah hasil gugatan karena syarat yang dijadikan patokan adalah jumlah penduduk.


“wacana timbul bahwa UU pilkada ini harus pada azas keadilan. Karena syarat untuk calon independen jauh dari syarat untuk parpol,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edi kepada semetonnews Kamis (17/3/2016).

Lukman menuturkan bahwa saat ini syarat dukungan untuk calon dari parpol naik 5 persen menjadi 20 persen dari jumlah suara. Oleh sebab itu, Komisi II merasa syarat untuk calon independen juga harus diperberat agar berimbang.

“Ada 2 model yang diwacanakan. Yang pertama, syarat dukungan adalah 10-15 persen dari DPT (jumlah pemilih) atau yang kedua 15-20 persen dari DPT,” ungkap Wasekjen PKB ini.

Menurutnya, waktu yang ada saat ini masih cukup untuk merevisi UU Pilkada. Fraksi-fraksi nantinya akan mengumpulkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM).

“Sekarang masih ada waktu dua bulan,” ucap Lukman.

Komisi II ‘Ganjal’ Calon Independen, Ahok: Tidak Masalah

Kata Ahok para relawan yang tergabung dalam Teman Ahok sudah bergerilya mengumpulkan ulang tanda tangan dan KTP. Ahok yakin target akan tercapai.

Syarat yang akan diperberat oleh Komisi II DPR yakni soal jumlah tanda tangan dan KTP. Sebelumnya syaratnya hanya 6,5 persen, tetapi nantinya jika sudah diketok maka akan menjadi 10 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“10 persen? Kan udah ditolak kemarin di MK. Kalau dia 10 persen diajukan kan 1 juta (sudah) kita minta Teman Ahok ngumpulin. Kalau pemilihnya 7 juta, 10 persen berarti 700 ribuan, 1 juta ya lewat dong,” ujar Ahok.


Ulah komisi dua DPR ini tentunya tak membuat salah satu calon kepala daerah yang diganjal, Basuki T Purnama (Ahok) yang akan maju lewat jalur independen sebagai calon petahana di Pilgub DKI 2017 akui tak keberatan.

“Boleh saja, saya kira enggak masalah mau usul gimana mah, yang penting kan itu kan udah diputusin MK saya mah ikut saja,” ujar Ahok saat ditemui dalam acara Belgium-Indonesia Cleantech Summit di Hotel Pullman, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2016) lalu.

Penulis: Delfi