Tidak Terima Dijadikan Tersangka, Aridus Ajukan Praperadilan

Senin, 14 November 2016 22:20 Hukum & Kriminal

Bagikan

Tidak Terima Dijadikan Tersangka, Aridus Ajukan Praperadilan
Valerian Libert Wangge (dok/sn)
Denpasar,Semetonnews-Pemilik akun facebook @Aridus Jiro, Made Sudira melalui kuasa hukumnya, Valerian Libert Wangge akhirnya resmi mendaftarkan gugatan Praperadilan ke PN Denpasar atas ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penghinaan yang dilaporkan Karo Humas Pemprov Bali, Senin (14/11) siang tadi.

Valerian yang ditemui di PN Denpasar membenarkan bila pihaknya sudah mendaftarkan gugatan Praperadilan yang dimaksud."Sudah kami daftarkan tadi siang, dan sudah diterima oleh panerita PN Denpasar,"kata Valerian kepada wartawan di PN Denpasar, Senin (14/11).

Dikatakanya, pihaknya mengajukan gugatan Praperadilan karena dirasa ada kejanggalan dalam penetapan Aridus sebagai tersangka oleh penyidik Polda Bali. Salah satu kejanggalan itu, kata Valerian, adalah terkait legal standing dari pelapor, dalam hal ini adalah Dewa Mahendra yang menjabat sebagai Karo Humas Prmprov Bali."Dalam perkara ini, Dewa Mahendra tidak berhak untuk melapor,"jelas pengacara muda ini.

Dikatakan pula, dalam Pasal 27 ayat (3) tentang UU ITE yang merujuk kepada Pasal 310 KUHP dan dipertegas dengan revisi UU ITE tanggal 29 Oktober antara DPR RI dan Pemerintah serta Putusan MK 51 tahun 2008 sudah tegas menyetakan jika Pasal 27 ayat (3) UU ITE itu merupakan delik aduan."Karena ini delik aduan, harusnya yang merasa terhina yang melapor, tidak bisa diwakilkan,"tegas Valerian.

Karena ada kejanggalan inilah,Valerian mengatakan pihkanya akan menguji penetepan Aridus sebagai tersangka melalui jalur Praperadilan. (SN)