Bawa Ganja dan Ekstasi, JO Dituntut 6 Tahun Penjara

Selasa, 15 November 2016 21:34 Hukum & Kriminal

Bagikan

Bawa Ganja dan Ekstasi, JO Dituntut 6 Tahun Penjara
Ilustrasi-google -semetonnews
Denpasar,Semetonnews-Jonathan alias Patrick alias Jo yang ketangkap basa membawa narkoba jenis ganja dan ekstasi dari Jakarta ke Bali, akhirnya dituntut 6 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) AA Jayalantara.

Dalam amar tuntutanya yang dibacakan dihadapan majelis hakim PN Denpasar pimpinan Ida Ayu Nyoman Adnyadewi, Jaksa Kejari Denpasar itu menyatakan terdakwa yang beralamat di Taman Meruya Ilir, Blok G9 No. 1, Jakarta Barat terbukti tanpa hak memiliki narkotika jenis tanaman dan bukan tanaman. 

Perbuatan terdakwa sebagaiama diatur dan diancam dalam Pasal 111 ayat (1) dan dan Pasal 112 ayat (1) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang narkotika."Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun,"kata Jaksa Agung Jayalantara. 

Selain dihukum penjara, terdakwa dijuga diganjar dengan hukuman denda sebar Rp 800 juta."Apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman penjara selama 6 bulan,"tegas Agung Jayalantara. Dalam surat tutuntan, Jaksa juga mengurai fakta yang terungkap dalam persidangan. 

Fakta yang terungkap antara lain, terdakwa ditangkap petugas saat tiba di terminal kedatangan domestik Bandara Ngurah Rai Denpasar, 14 Agustus 2016 silam. Terdakwa ditangkap karena kedapatan membawa 16 linting ganja dan 10 butir tablet warna coklat yang diduga pil ekstasi jenis happy5.

Penangkapan terdakwa sendiri berawal dari adanya informasi yang diterima petugas bea cukai bandara bahwa ada penumpang dari Jakarta ke Bali membawa narkotika dengan ciri-ciri tinggi 170, wajah China serta berkacamata. Nah, saat itulah petugas melihat gelagat terdakwa saat turun dari pesawat yang mecurigakan. "Petugas langsung mengamankan terdakwa dan berhasil pula mengamankan narkoba jenis ganja dan ekstasi,"pungkas Jayalantara. (SN)