Wow! Dijerat UU ITE, Ahok Dicekal ke Luar Negeri

Rabu, 16 November 2016 14:50 Hukum & Kriminal

Bagikan

Wow! Dijerat UU ITE, Ahok Dicekal ke Luar Negeri
Komjen Ari Dono mengumumkan status tersangka bagi Ahok di Mabes Polri terkait dugaan penistaan agama. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Basuki Tjatjaha Purnama alias Ahok akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Untuk itu, penyidik Bareskrim Polri juga mencekal petahana dalam Pilgub DKI Jakarta tersebut ke luar negeri. Mengejutkan, Ahok juga dijerat Undang-Undang ITE.

“Pencegahan kepada Ahok untuk bepergian meninggalkan Republik Indonesia,” kata epala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto, Rabu (16/11/2016) kepada awak media cetak dan elektronik.

Penyelidikan Bareskrim sejak 10 Oktober, 27 penyidik sampai gelar perkara secara terbuka sebagian besar beranggapan kasus ini bisa dinaikkan ke tingkat lebih tinggi yakni peradilan.

Penetapan tersangka tersebut juga berdasar keterangan 39 saksi ahli dalam kasus dugaan penistaan, pencemaran dan penodaan agama yang tercantum dalam pasal 156 A KUHP. Selain itu Ahok juga dikenakan Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) pasal 28 ayat 2. "Meski tidak bulat, perkara ini harus diselesaikan di peradilan," ujar mantan Kapoltabes Denpasar tersebut.

Reporter: VR Nugraha