Ini Kata Gede Pasek Suardika Soal Kasus Don Bingin

Selasa, 22 November 2016 07:54 Hukum & Kriminal

Bagikan

Ini Kata Gede Pasek Suardika Soal Kasus Don Bingin
Gede Pasek Suardika, Anggota DPD RI (nike-sn)

Denpasar, Semetonnews - Gede Pasek Suardika, Anggota DPD RI yang juga aktif di medsos pun turut hadir dalam Sidang tuntutan Praperadilan Kasus Don Bingin.

Fenomena sosial baru yang ada hari ini merupakan cara baru sosialisasi warga pengguna medsos (netizen) yang mana harus pula di pahami dengan cara baru.


Sementara merujuk adanya perubahan UU-ITE dimana jaminan kebebasan berekspresi warga / netizen ada. Gede Pasek melihat adanya upaya pemaksaan dalam kasus Don Bingin, yang jika tidak diperhatikan oleh publik hal ini cukup bahaya, pasalnya bisa saja menimpa siapapun. 


“Filosofi undang undang yang baru ini kan melindungi ekspresi orang, kalau kemarin kan lebih berat ya, 6 tahun kalau sekarang ancaman 4 tahun, kalau dulu kan setiap orang yang kena kasus bisa jadi dia langsung di penjara, tahan dulu nanti urusan belakang pengadilan, sekarang ga boleh karena ancamannya 4 tahun dibawah 5 tahun,” ungkap Gede Pasek.


Sejauh ini Pasek menganggap bahwa kasus ini kental upaya pemaksaan, ia pun menguraikan bahwa didalam uu ITE baru, Asas hukum pidananya  tersangka dan terdakwa itu dikenakan hukuman lebih ringan, "pertama (tersangka/terdakwa) tidak bisa ditahan, perlindungan terhadap ekspresi (netizen), dan yang ketiga memang ada upaya pembuat undang undang yang melindungi (netizen ) dari upaya penggunaan kekuasaan yang berlebih dari penguasa terhadap pengguna medsos." 


Hingga saat ini di Indonesia sudah lebih dari 180 an orang yang terjerat dalam UU ITE , yang mana pasal 27 ayat 3 adalah pasal sangat bahaya bagi para pengguna medsos. (SN)





Reporter : Wawan Nike