Status Tersangka Aridus Jiro Alias Made Sudira Batal Demi Hukum

Senin, 28 November 2016 12:37 Hukum & Kriminal

Bagikan

Status Tersangka Aridus Jiro Alias Made Sudira Batal Demi Hukum
Denpasar, Semetonnews - Hakim tunggal praperadilan I Ketut Suarta akhirnya mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan I Made Sudira alias Aridus Jero atas ditetapkanya sebagai tersangka oleh penyidik Polda Bali dalam kasus dugaan pencemaran nama baik.  Dalam sidang yang digelar, Senin (28/11) kemarin, majelis dalam amar putusannya menyatakan sependapat dengan keterangan saksi ahli I Wayan Pastika.

Dalam kesaksianya, Pastika mengatakan postingan Made Sudira di akun dalam akun facebook bernama Aridus Jiro tidak mengandung unsur pencemaran nama baik dan tidak bermuatan SARA. Selain itu, Hakim juga berpendapat dari keterangan saksi-saksi yang dihadirkan oleh pemohon, bahwa benar pemangkasan pohon beringin yang diskralkan tidak pernah dikomunikasikan dengan desa adat terkait.

Selain itu. Hakim juga berpedapat bahwa, postingan Aridus Jiro di akun facebok tidak mengandung usur pencemaran nama baik, melainkan merupakan kegelisahan budaya."Seharusnya bisa diselesaikan dengan cara pemintaan maaf dan menjawab pertanyaan yang termuat dalam postingan facebook tersebuta,"tegas Hakim tunggal Suarta. Hakim juga berpendapat bahwa, pohon beringan yang dipangkas yang sudah diskaralkan, harusnya diperlakukan berbeda dengan pohon lainya.

Dengan demikian, Hakim berpendapat bahwa, penetapan I Made Sudira alias Aridus Jiro sebagai tersangka tidak sah dengan mempertingbangkan ketentuan Pasal 77 KUHP jo putusan MK No. 21/XII/PU/2014 menyatakan."Memberhentikan status tersangka kepada pemohonan, dan membebankan biaya perkara kepada termohon,"tegas Hakim dalam amar putusanya. Namun, gugatan yang meminta agar termohon meminta maaf dimedia selama 7 hari berturut turut tidak dapat dikabulan karena hakim menilai itu terlalu berlebihan.(SN)


Reporter: Maria Gracia