Pelajar Tabanan Jadi Sasaran Razia, Kok Bisa?

Senin, 05 Desember 2016 00:00 Hukum & Kriminal

Bagikan

Pelajar Tabanan Jadi Sasaran Razia, Kok Bisa?
Sejumlah pelajar diberikan pembinaan setelah terjaring Operasi Zebra beberapa waktu lalu.(ist-SN)
Tabanan, Semetonnews – Karena belum cukup untuk mengantongi Surat Ijin Mengemudi (SIM), ratusan pelajar pun akhirnya terjaring razia selama Operasi Zebra 2016 yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Tabanan selama 14 hari. Padahal para pelajar tersebut sudah mengetahui akan peraturan tersebut, namun tetap nekat melanggar dengan berbagai alasan.

Kasat Polres Tabanan, AKP I Ketut Mastra Budaya mengatakan, dari 1.024 pelanggar yang terjaring selama Operasi Zebra 2016 yang gelar sejak 16 November hingga 29 November 2016, sebagian besar pelanggar adalah pelajar yang tidak mengantongi SIM karena memang belum cukup umur. “Dari 1.024 tersebut 738 diantaranya adalah pengendara yang tidak membawa SIM, dan dari angka tersebut didominasi pelajar,” ungkapnya.Sabtu (3/12/2016).
 
Atas hal tersebut, disamping menilang para pelajar, pihaknya juga langsung memberikan pembinaan terhadap para pelajar agar membatasi diri menggunakan kendaraan bermotor sebelum memiliki SIM. “Kita juga himbau para orang tua agar benar-benar mengawasi putra-putrinya,” lanjutnya.

Selain pelanggar tanpa SIM juga berhasil terjaring pengendara tanpa STNK sebanyak 153 orang, pengendara tanpa helm 81 orang, pelanggar teknis 30 orang dan pelanggar rambu-rambu lalu lintas sebanyak 22 orang.
 
Kendatipun kini Operasi Zebra telah berakhir, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan secara rutin diberbagai titik di Tabanan. “Selain memeriksa surat-surat kendaraan kita juga melakukan pemeriksaan terhadap senjata tajam, obat-obatan terlarang, mikol dan lainnya,” pungkas AKP Mastra. 


Reporter : Trisna Ayu