Hanya Miliki 0,34 Gram Sabu, Sukayasa Dituntut 5 Tahun Penjara

Jumat, 09 Desember 2016 00:15 Hukum & Kriminal

Bagikan

Hanya Miliki 0,34 Gram Sabu, Sukayasa Dituntut 5 Tahun Penjara
I Gede Sukayasa (SN)
Denpasar,Semetonnews-Nasib sial dialami oleh seorang pemuda bermana I Gede Sukayasa (39). Dia yang kedapatan mememilki narkoba jenis sabu-sabu seberat 0,34 dituntut hukuman lima tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ashari Kurniawan. 

Dalam sidang, Kamis (8/12/2016), Jaksa Ashari dalam amar tuntutanya menyatakan, terdakwa I Gede Sukayasa terbukti bersalah memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan satu bukan tanaman jenis sabu.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (1) UU No. 35/2009 tentang narkoba"Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama lima tahun,"kata Jaksa Ashari dihadapan majelis hakim pimpinan  Made Purnami. 

Selain menuntut hukuman penjara, Jaksa Kejati Bali itu juga menuntut terdakwa dengan hukuman  denda Rp 800 juta atau subsider 4 bulan kurungan. dalam surat tuntutan, Jaksa juga membeberkan fakta yang terungkap dalam persidangan. Terungkap bahwa terdakwa Sukayasa ditangkap pada tanggal  22 Maret 2016 Ditnarkoba Polda Bali, di dalam kamar kosnya Jalan Sedap Malam.

Saat ditangkap, polisi menemukan tiga buah klip plastik yang diselipkan di dalam potongan pipet. Di dalam potongan pipet terdapat sabu berupa bubuk kristal bening. Potongan pipet itu ditempelkan di bawah meja tivi di dalam kamar kos. Sukayasa tak membantah jika barang tersebut miliknya. Sukayasa mengaku mendapatkan barang dari seseorang bernama Nata yang hingga kini masih buron. Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda pledoi.MG/SN