Rai Mantra Targetkan LPD Se-Kota Denpasar Go Digital

Rabu, 21 Desember 2016 07:52 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Rai Mantra Targetkan LPD Se-Kota Denpasar Go Digital
Launching LPD Go Digital
Denpasar, Semetonnews - Walikota Denpasar IB. Rai Mantra melaunching LPD Go Digital Selasa (20/12) di LPD Kesiman Kecamatan Denpasar Timur.   Menurut Rai Mantra Digitalisasi yang diterapkan LPD Kesiman Kecamatan Denpasar Timur ini sangat bagus, karena transaksi yang dilakukan secara transparan dan akuntabilitas. Dengan menerapkan LPD Digital ini kepala LPD tidak akan merasa was-was karena masyarakat bisa secara langsung mengawasinya. ‘’Agar sistem digital ini berjalan dengan Baik saya harapkan infrastruktur seperti jaringan internet harus bagus,’’ ungkap Rai Mantra.

Menurut Rai Mantra keunggulan LPD itu adalah faktor sosialisasi komunikasi yang tidak dimiliki oleh lembaga lainnya. Artinya sosialisasi komunikasi itu mereka saling mengenal dan terkoneksi untuk menumbuhkan kepercayaan.

Disatu pihak konsumen atau masyarakat,  membutuhkan pelayanan yang mudah. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen sistem harus dirubah dengan digitalisasi. Sehingga masyarakat yang tidak mempunyai masalah sosial komunikasi akan lebih unggul dari pada yang lain karena potensi lokalnya sangat baik.

Untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat Rai Mantra  mengharapkan semua LPD yang ada di Kota Denpasar  melakukan revitalisasi dengan menerapkan sistem ini agar tercipta peningkatan kepercayaan masyarakat.  Sampai saat ini, Digitalisasi Sistem  LPD se Kota Denpasar  baru dilakukan oleh 4 LPD. ‘’Itu pun setiap kecamatan baru menerapkan satu-satu, untuk tahun 2017 saya harapkan semua LPD bisa menerapkannya dan infra strukturnya juga harus diperhatikan ,’’jelasnya Rai Mantra.

Sementara Kepala LPD Kesiman Wayan Rayun mengatakan, menerapkan digital ini transaksi menjadi lebih transparan dan akuntabilitas. Meskipun demikian dalam menggunakan digital ini pihaknya juga mengalami kendala seperti gangguan pada jaringan internet sehingga dalam transaksi akan mengalami ganguan. Jika gangguan terjadi maka pihaknya melakukannya dengan offline atau melakukan pencatatan ulang.

Menurutnya, menggunakan LPD Go Digital ini untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi dan  bisa bersaing di masa akan datang. Mengingat kinerja LPD Kesiman atau kekayaan tercatat sampai saat ini sebanyak Rp 188 miliar. Dana pihak ke 3 yaitu tabungan deposito tercatat Rp 106,6 miliar, tabungan Rp 61,5 miliar, deposito Rp 99,5 miliar dan pinjaman dalam bentuk kredit terealisasi sebanyak Rp 158 miliar sedangkan untuk tingkat kesehatan LPD Kesiman termasuk kategori sehat.

Untuk meningkatkan kinerja kedepan ia mengaku  membuat  terobosan dan membuat inovasi layanan dengan pemanfaatan Mobille LPD yang disebut LPD Go Digital. Dimana dalam program LPD Go Digital yang telah diterapkan oleh LPD Kesiman adalah dengan menggunakan SMS Banking, SMS LPD, IBS Collect dan Mobille Banking. ‘’Dengan LPD Go Digital akan diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan  mini sekolah dan Bank Sampah di masa- masa yang akan datang,’’ ujarnya.

Salah satu pihak PT USSI, Maman Tirta menambahkan,  LPD Mobile ini adalah sistem layanan aplikasi yang di peruntukkan bagi nasabah LPD yang memungkinkan melakukan sejumlah transaksi keuangan elektronik yang dapat diakses langsung oleh nasabah tersebut melalui smartphone android. Dengan diterapkan LPD Go Digital ini nasabah dapat mempermudah melakukan transaksi. Bahkan dengan go digital ini nasabah bisa melakukan transaksi ke Bank Umum. Begitu juga sebaliknya dari Bank Umum bisa melakukan transaksi atau ke LPD. Setelah transaksi dilakukan maka nasabah akan mendapatkan SMS sebagai bukti bahwa transaksi yang dilakukan telah di simpan ke dalam sistem. Tidak hanya itu melalui LPD Go Digital nasabah dapat melihat saldo setiap saat yang ada di rekeningnya masing-masing. (Rls/SN)