Pemkot Denpasar Serahkan 50 Buah Gerobak Dagang

Sabtu, 24 Desember 2016 19:50 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Pemkot Denpasar Serahkan 50 Buah Gerobak Dagang
Bantuan Gerobak Pemkot Denpasar, Jumat (23/12)(ist-SN)
Denpasar, Semetonnews - Guna meningkatkan peran dan potensi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor perdagangan sehingga mampu meningkatkan daya saing pendapatan dan produktivitasnya, Pemerintah Kota Denpasar bersinergi dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menyerahkan bantuan berupa gerobak dagang sebanyak 50 buah gerobak kepada tiga pasar yang ada di Denpasar, yakni Pasar Kerta Waringin Sari, Pasar Agung Peninjoan, dan Pasar Nyanggelan, Jumat (23/12) di Pasar Kerta Waringin Sari, Desa Pakraman Anggabaya. Dimana penyerahan bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Perwakilan Kementerian Perdagangan RI kepada Walikota Denpasar yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kadis Disperindag Kota Denpasar I Wayan Gatra yang kemudian di serahkan kepada para pedagang.

Pemanfaatan pasar rakyat setelah direvitalisasi sangat penting dilakukan, dimana pasar yang bersih dan modern dapat beroperasi secara maksimal sehingga mampu meningkatkan penghasilan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah didalamnya. Dimana upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pelaku UMKM tersebut sangat perlu dukungan dari Pemerintah pusat maupun daerah melalui fasilitas dan stimulasi berupa bantuan sarana perdagangan, demikian disampaikan Kadis Perindag Kota Denpasar I Wayan Gatra saat ditemui di sela-sela acara. Untuk itulah Pemerintah Kota Denpasar memohon bantuan sarana usaha perdagangan berupa gerobak dagang kepada Kementerian Perdagangan RI yang sudah di ajukan pada tahun 2015 lalu dan hari ini bantuan itu sudah diterima oleh Pemkot Denpasar dan langsung diserahkan kepada para pedangang sebanyak 50 gerobak kepada tiga pasar yakni, Pasar Kertha Waringin Sari Desa Pakraman Anggabaya sebanyak 22 buah gerobak, Pasar Agung Desa Pakraman Peninjoan sebanyak 14 buah gerobak dan Pasar Nyanggelan Desa Pakraman Panjer sebanyak 14 buah gerobak.

Lebih lanjut Wayan Gatra menambahkan, diharapkan nantinya para pedagang yang memperoleh bantuan ini bisa berdagang lebih fokus dan lebih meningkatkan kebersihan dagangannya, sehingga pembeli semakin senang untuk berbelanja, dan kesejahteraan para pedagang nantinya juga bsa tercapai. Dimana hari ini juga Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar juga menyerahkan bantuan Sepeda Motor Moci Pengangkut Sampah kepada seluruh Kelurahan yang ada di Denpasar guna menjaga kebersihan daerah di masing-masing Kelurahan. “Kegiatan ini juga sejalan dan selaras dengan keinginan dari Disperindag Kota Denpasar dan dari Kementerian Perdagangan agar pasar itu juga bersih, yang mana pasar tradisional ini bisa bersaing dengan pasar modern mengenai kebersihan yang berkelanjutan dan higenisitas pasar rakyat ini bisa dijaga dengan baik”, ujarnya.

Sementara salah satu pedagang di Pasar Pasar Kerta Waringin Sari Made Sunarka, mengungkapkan kebahagiannya karena mendapat bantuan berupa gerobak dagang dari Pemkot Denpasar. Dimana sebelumnya dia hanya berdagang mengunakan meja dan terpal saja untuk menjajakan dagannya di pasar. “Saya sangat berterimakasih atas bantuan gerobak ini dari Pemkot Denpasar dan juga Kementerian Perdagangan, dengan adanya gerobak dangan ini saya sangat terbantu dan bisa berjualan dengan bersih dan aman serta bisa secara gampang untuk memindahkan dagangan jika sudah usai berjualan”, ungkapnya. (Rls/SN).