Rai Mantra Ajak Pelaku Pariwisata Tingkatkan Daya Saing

Minggu, 25 Desember 2016 18:37 Nasional

Bagikan

Rai Mantra Ajak Pelaku Pariwisata Tingkatkan Daya Saing
Gathering Pariwisata Pemkot Denpasar, (ist-SN)
Denpasar, Semetonnews - Diraihnya Penghargaan Kota Terbaik Dengan Peringkat Tertinggi Indeks Pariwisata Indonesia (IPI) dan Kota Terbaik Dengan Peringkat Tertinggi Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis Pariwisata oleh Kota Denpasar yang diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta beberapa waktu lalu dengan tindaklanjut Pemkot Denpasar  pada Jumat (23/12) menggelar gathering bersama stakeholder Pariwisata se-Kota Denpasar bertempat di Warung Bendega Denpasar.

Gathering bersama stakeholder Pariwisata ini sebagai ajang silahturahmi kepada pelaku industri Pariwisata di Kota Denpasar yang juga dilasanakan  penyerahan piagam penghargaan Indeks Pariwisata oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Wayan Gunawan kepada Walikota IB. Rai Dharmawijaya Mantra dan selanjutnya  diserahkan kembali kepada seluruh stakeholder pariwisata. Pelaksanaan gathering juga dihadiri Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, serta Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara. "Perkuat daya saing lokal yang tak terlepas dalam menjadikan pariwisata Kota Denpasar yang berkualitas serta mampu menggerakan perekonomian masyarakat," ujar Walikota Rai Mantra. Lebih lanjut dikatakan dalam pertumbuhan ekonomi saat ini dengan memperkuat daya saing lokal, yang telah dilakukan Pemkot Denpasar mewujdukan kota kompeten lewat sertifikasi bagi komponen penggerak ekonomi  khusunya dibidang pariwisata. Rai Mantra mengingatkan akan pentingnya sertifikasi profesi pariwisata dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi Denpasar yang semakin berkualitas. "Kita punya 35.000 jatah untuk sertifikasi profesi gratis, kita harap bisa dipakai dengan baik bagi pelaku pariwisata Kota Denpasar,” harapnya

Disamping itu Rai Mantra juga mengatakan prestasi yang diraih dalam dunia pariwisata ini tak terlepas dari peran aktif seluruh masyarakat Denpasar yang bermuara pada publik value yakni kemanfaatan masyarakat. Hal ini tak terlepas dari geliat pariwisata mempunyai dampak yang luas  terhadap masalah sosial, serta ekonomi. “Dengan kegiatan seperti ini kita bisa bertukar pikiran satu dengan yang lain untuk menyelesaikan masalah yang ada serta kita harus bisa melihat prospek pariwisata kedepannya seperti apa,” jelas Rai Mantra.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Wayan Gunawan mengatakan, penghargaan ini bukan merupakan hasil maksimal yang akan terus diikuti dengan program Pemkot Denpasar dalam peningkatan fasilitas kesehatan, kebersihan, Infrastruktur, jumlah potensi wisata alam serta pendataan Event Mice Nasional maupun Internasional. (Rls/SN)