NasDem Bali Usung Rai Mantra di Pilgub Bali 2018

Rabu, 04 Januari 2017 13:47 Politik

Bagikan

NasDem Bali Usung Rai Mantra di Pilgub Bali 2018
Suasana rapat pleno diperluas DPW NasDem Bali. (Robi/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews - DPW NasDem Bali menggelar rapat pleno diperluas pada Rabu (4/01/2017). Bertempat di Hotel Nusa Indah, Jln. Waribang, Denpasar rapat pleno ini menghasilkan sejumlah poin strategis. Antara lain mengusung walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sebagi calon gubernur pada pemilihan gubernur (Pilgub) Bali pada tahun 2018 mendatang. Dari proses ini suara DPD NasDem Bali bulat mendukung Rai Mantra sebagi calon.


 Rapat Pleno diawali mendengarkan pandangan umum DPD tingkat kabupaten/kota seluruh Bali. Ketua DPD NasDem Klungkung I Ketut Sukma Sucita dalam pandangannya mengatakan Rai Mantra sudah dikenal secara luas di Bali. Demikian pula kesan positif selama memimpin Kota Denpasar. "Figur Rai Mantra mudah dijual karena sudah dikenal luas. Dibandingkan calon calon lain kesannya lebih positif," kata Sucita.

Hal senada juga disampaikan ketua DPD NasDem Bangli Jero Gede Tindih. Menurutnya wacana calon gubernur sudah dibicarakan dalam dua bulan terakhir di Bangli. Bagi NasDem Bangli yang utama dalam memilih pemimpin adalah bisa menyelesaikan persoalan Bali. Selama ini seringkali terlalu membabi buta dalam mengusung calon. Begitu Pilkada selesai maka selesai pula urusan.

"Padahal pelantikan itu baru titik awal,bukan akhir dari perjuangan," kata Jero Tindih. Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya NasDem Bangli memutuskan mendukung Rai Mantra sebagi calon. Salah satu pertimbangan adalah sepak terjang Rai Mantra saat menjadi walikota Denpasar. 

"Setelah mengupas berbagai masalah dan diskusi dengan berbagai pihak kami akhirnya memutuskan dukung Rai Mantra," tegas Jero Tindih.

Menanggapi aspirasi tingkat DPD, ketua DPW NasDem Bali IB Oka Gunastawa mengatakan akan menyuarakan aspirasi tersebut ke DPP. Rapat pleno kali ini untuk menyikapi dinamika dan aspirasi politik yang berkembang di akar rumput. Karena itu NasDem bersifat fleksibel. Walau saat ini masih berkosentrasi di Pilkada Buleleng tapi tidak ada salahnya menanggapi dan membahas aspirasi kader.

 "Hasil rapat pleno mencakup dua hal penting yaitu mengusung Rai Mantra sebagai calon gubernur Bali baik lewat jalur partai atau independen serta menugaskan saya selaku ketua DPW NasDem Bali memperjuangkan aspirasi tersebut ke DPP agar menerbitkan rekomendasi," kata Gunastawa. Nama Rai Mantra nantinya akan digodok oleh tim 7 DPP. 

Selain berjuang ke DPP, NasDem Bali juha akan membangun komunikasi dengan partai lain. Pasalnya NasDem hanya mengantongi 2 kursi di DPRD Bali. Karena itu wajib menggalang koalisi agar bisa memenuhi syarat dan mengusung calon. Partai-partai yang akan diajak komunikasi lain antara lain Gerindra, PAN, HANURA dan PKPI.

Ditanya mengenai figur yang akan dipaketkan dengan Rai Mantra, Gunastawa menegaskan hal tersebut adalah kewenangan Rai Mantra. NasDem tidak akan mengintervensi. Siapapun tokoh yang dianggap sesuai oleh Rai Mantra, NasDem akan mendukung. "Soal siapa calon wakilnya NasDem serahkan ke Rai Mantra, kami tidak akan intervensi atau cawe-cawe, sesuai dengan komitmen mengusung tanpa syarat," kata Gunastawa.


Reporter     :  Robinson Gamar