Walikota Rai Mantra Hadiri Piodalan di Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Desa Jagapati

Jumat, 06 Januari 2017 11:39 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Walikota Rai Mantra Hadiri Piodalan di Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Desa Jagapati
Rai Mantra (ist-SN)
Denpasar , Semetonnews – Ditengah kesibukannya sebagai orang nomor satu di Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menyempatkan untuk menghadiri upacara Piodalan di Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Br. Kemulan Desa Jagapati Badung. Dalam kesempatan itu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra hadir didampingi Kabag Kesra Setda Kota Denpasar AA Bagus Mataram dan disambut hangat ratusan krama yang hadir mengikuti jalannya upacara.


“Kita sebagai umat beragama ditengah kondisi sosial kemasyarakatan dewasa ini, hendaknya senantiasa mengamalkan dengan baik konsep dan ajaran Tri Hita Karana, dimana penerapannya akan mampu menyeimbangkan segala sisi kehidupan kita sehingga tercipta keharmonisan didalam menjalankan kehidupan yang berdasarkan Dharma Agama dan Dharma Negara,” kata Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di sela- sela menghadiri acara piodalan.


Sementara itu Ketua Panitia Karya Nyoman Suladra mengatakan rangkaian Piodalan di Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Br. Kemulan Desa Jagapati dilaksanakan selama dua hari dan puncaknya dilaksanakan pada Buda Cemeng Kelawu, Rabu (4/1). “Rangkaian di Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Br. Kemulan Desa Jagapati ini diisi antara lain dengan kegiatan ngaturin Ulam Upakara, Maturan ke Pura Beji, Ngaturin Seed, Wali Walian berupa Tari Rejang Dewa serta pada malam harinya dilaksanakan kegiatan Ngalinggihan Ida Bhatara serta Persembahyangan. Piodalan dipuput oleh Ida Pedanda Gede Grya Sakti Manuaba,” ujar Nyoman Suladra.


Lebih lanjut Nyoman Suladra mengatakan, bahwa Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Br. Kemulan Desa Jagapati ini masih memiliki kaitan erat dengan Pura Grya Sakti Manuaba yang berada di desa Tegalalang. “Hingga saat ini Pura Grya Sakti Pajenengan Manuaba Br. Kemulan Desa Jagapati yang sempat mengalami renovasi pada tahun 2008 ini diempon oleh sekitar 70 kepala keluarga” ujar Nyoman Suladra. “Kami sangat berterimakasih kepada pak Rai Mantra, walaupun beliau sangat sibuk tapi masih sempat mendatangi kami dalam melaksanakan upacara yadnya,” kata Suladra.(rls/SN)