Gerindra Badung Usung Sukartha di Pilgub Bali Tahun 2018

Minggu, 08 Januari 2017 11:52 Politik

Bagikan

Gerindra Badung Usung Sukartha di Pilgub Bali Tahun 2018
Jajaran pengurus dan sayap Gerindra Badung. (Robi/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews – DPC Gerindra Badung akhirnya sepakat mengusung ketua DPD Gerindra Bali IB Putu Sukarta pada pemilihan gubernur (Pilgub) Bali tahun 2018 mendatang. Hal ini dispekaati melalui rapat evaluasi dan persiapan program Gerindra Badung yang digelar di Rumah Makan Mina, Dalung, Sabtu (7/1/2017). Hadir dalam rapat ini anggota DPRD fraksi Gerindra Badung, pengurus kecamatan serta sayap partai.
 
ketua DPC Gerindra Badung IGK Puriartha alias Gus Krobo mengatakan Gerindra adalah partai yang masuk dalam jajaran 3 partai besar nasional. Di Bali perkembangannya sangat signifikan. Sebelumnya hanya mendudukan dua kadernya di DPRD Bali. Namun, Pada Pileg 2014 lalu melonjak drastis menjadi 7 kursi. Ini artinya di Bali Gerindra semakin diterima.

“Gerindra kan bukan partai kecil, sepantasnya kami mendorong kader terbaik di Pilgub Bali dalam hal ini ketua DPD Gerindra Bali IB  Sukartha,” kata Gus Krobo. Aspirasinya ini nantinya akan disampaikan ke DPD Gerindra Bali untuk diteruskan ke ketua umum Gerindra Prabowo Subianto. Kekuatan Gerindra cukup signifikan, 58 anggota DPRD di seluruh Bali plus satu anggota DPR RI. Jika digerakan bisa menjadi kekuatan besar. Hal ini sudah terbukti di Pilkada Klungkung. Geirndra berhasil merebut kursi Klungkung 1. 

Sukarta Bali Satu (SBS) adalah tagline yang natnya akan diusung. Walau mengusung ketua DPD, Gerindra tidak menutup pintu untuk figur lain mencalonkan diri lewat partai besutan prabowo Subianto tersebut. namun syaratnya tidak mudah. Jika bakal calon yang ingin menggunakan jasa Gerindra wajib mengantongi KTA. 

“Pada prinsipnya kami tetap membuka diri, tapi kalau mau mencalonkan diri dari Gerindra syaratnya ya jadi kader Gerindra. Kami tidak ingin setelah berkuasa malah lupa pada komitmen,” tegas Gus Krobo.

 Salah satu kader yang ngotot adalah Sekretaris Gerindra Badung Nyoman Sentana. Gerinda memilik modal yang cukup mumpuni menghadapi Pilgub Bali. Antara lain modal 7 kursi di DPRD Bali serta kader yang menyebar sampai ke tingkat banjar.

“Gerindra  sudah punya modal amunisi 7 kursi, dengan modal ini Gerindra pantas menyodorkan ‘jendralnya’ untuk tarung di Pilgub,” kata Sentana. Gerindra tidak ingin sekedar beri “kunci kontak” pada orang lain kemudian saat pilgub hanya jadi penonton.
 
“Intinya Gerindra usung kader untuk maju bali 1,” kata Sentana.

Hal senada juga diutarakan anggota dewan asal partai Gerindra lainnya made Wijaya dan Kadek Sudarmaja. Menurut Wijaya Gerindra adalah partai yang lahir dan besar dari aspirasi rakyat. Sudah sepantasnya mengusung kader. Saat ini Gerindra terus menyatukan persepsi untuk merumuskan langkah yang perlu diambil untuk mengusung kader. 
“Gerindra tentu ingin mendorng calon yang mau mendengar aspirasi rakyat,” kata Wijaya.

Reporter    : Robinson Gamar