Denny : Persoalan Hukum Diselesaikan Melalui Jalur Hukum

Minggu, 08 Januari 2017 13:55 Hukum & Kriminal

Bagikan

Denny : Persoalan Hukum Diselesaikan Melalui Jalur Hukum
Walikota Makassar, Muhammad Ramdhan 'Denny' Pomanto saat berdialog dengan perwakilan warga Kampung Bugis Serangan (MG/SN)
Denpasar,Semetonnews-Pasca eksekusi Kampung Bugis Serangan, banyak kabar miring bermunculan. Kabar miring ini pun terdengar hingga ke Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk itu, Walikota Makassar, Muhammad Ramdhan 'Denny' Pomanto yang juga mendapat kabar tak sedap itu langsung mendatangi Kampung Bugis di Serangan.

Memang, Walikota yang akrab disapa Denny itu, tidak datang langsung dari Makassar untuk menemui warga yang rumahnya dieksekusi, tapi ada keperluan dinas lain."Saya kebetulan ada di Bali karena ada keperluan lain. Namun saya harus menyempatkan diri datang ke Serangan untuk melihat saudara-saudara kami,"katanya yang ditemui di Serangan, Minggu (8/1/2017) pagi. 

Denny mengatakan, sekitar empat hari lalu mendapat pesan singkat (SMS) yang isinya dianggap cukup provokatif, sehingga dinilai membahayakan, bukan saja konteks Bali, tapi juga Indonesia."SMS itu sangat provokatif sehingga saya datang kesini untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sehingga saya bisa meredam terutama di makassar,"ungkapnya. 

Setelah turun, bertemu dan berbicara dengan warga Bugis Serangan, Denny mengaku baru mengetahui bahwa persoalan disini (Bali) adalah persoalan tanah, yang terjadi anatara sesama warga Bugis."Ternyata masalah yang terjadi adalah masalah hukum, bukan masalah agama, etnik atau yang lainya. Makanya saya minta kepada warga disini (Serangan) untuk berjuanglah dengan hukum, jangan kesana kemari,"tegasnya.

Dikatakanya, banyak juga warga Bali yang tinggal di Makassar, atau lebih luasnya lagi di Sulawesi Selatan."Jadi karena ini masalah hukum, selesaikan dengan jalur hukum. Saya bisa meredam masyakat di Makassar ini masalah hukum. Banyak juga warga Bali yang tinggal di Makassar, dan kami tinggal sangat rukun,"ungkapnya.

Ditanya apakah akan memberikan solusi dengan situasi yang terjadi di Kampung Bugis Serangan, Denny menjawab secara otoriti, dia harus mengharagi etika yang ada."Saya kan di Makassar, disini kan ada Walikota Denpasar. Saya yakin pemerintah setempat akan memberikan solusi,"jawabnya. 

Dikatakan pula, kedatangan ke Kampung Bugis Serangan ini adalah untuk meredam resistensi dari kejadian ini."Soal solusinya bagaimana, nanti pemerintah daerah setempat yang akan mencarikan. Saya datang hanya untuk meredam resistensi dari kejadian ini. Saya tidak mau kerukunan yang selama ini sudah terjalin dengan baik terganggu dengan masalah ini,"pungkasnya.

Sementara itu dalam dialognya dengan warga Bugis Serangan, Denny mengingatkan agar selalu berdoa kepada Tuhan, karena tidak ada masalah yang tidak ada solusinya."Dan janga lupa, karena ini masalah hukum, berjuanglah melalui jalur hukum,"tandasnya.

Reporter : Maria Gracia