Tanam Tiga Pohon Ganja Hanya Dituntut 2 Tahun Penjara

Rabu, 25 Januari 2017 00:10 Hukum & Kriminal

Bagikan

Tanam Tiga Pohon Ganja Hanya Dituntut 2 Tahun Penjara
Terdakwa Fauzi Purbarekso saat mendengar tuntutan Jaksa pada sidang, Selasa (23/1/2017)
Denpasar,Semetonnews- Nasib seorang terdakwa bernama Fauzi Purbarekso memang benar-benar mujur. Bagaimana tidak, dia yang kedapatan menanam tiga buah pohon ganja dalam kamarnya, hanya dituntut 2 tahun penjara olah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kadek Wahyudi pada sidang, Selasa (24/1/2017).

Dalam amar tuntutanya, jaksa menyatakan terdakwa yang beralamat di di Jalan Kerta Dalem VI. No. 11, terbukti bersalah melakukan tindak pidana secara tanpa hak sebagai penyalahguna narkoba golongan I jenis tanaman. Perbuatan terdakwa sebagaimana tertuang dalam Pasal 127 ayat (1) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. 

"Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun,"ujar Jaksa dalam amar tuntutanya. Atas tuntutan itu, terdakwa yang didampingi pengacara Andre Rahmad menyatakan mengajukan pembelaan pada sidang pekan depan. 

Sementara itu, dalam surat tuntutan jaksa juga menyertakan keterangan saksi dan sejumlah fakta yang terungkap  selama persidangan. Diantaranya menerangkan tertangkapnya terdakwa Fauzi berawal saat petugas kepolisin hendak melakukan penangkapan terhadap Syahrul Romadhan yang ada di rumah terdakwa di Jalan Kerta Dalem VI. No. 11. 

Saat dilakukan penangkapan terhadap Syahrul, petugas melihat gelagat yang mencurigakan dari saksi Riski Fajar Dwicahya yang mendadak naik ke lantai II dan masuk kedalam kamar terdakwa. Tidak lama kemudian saksi keluar melalui jendela untuk memindahkan sesuatu."Saksi memindahkan sebuah ember yang didalamnya tumbuh 3 pohon ganja,"kata Jaksa Kejari Denpasar. 

Pohon ganja tersebut, sebelum dipindahkan oleh saksi, berada persis dibawah jendela kamar terdakwa. Terhadap temuan 3 pohon ganja itu, Polisi lalu melakukan pengembangan terhadap terdakwa yang juga berada di rumah tersebut. "Polisi lalu melakukan penggeledahan badan terhadap terdakwa dan memeriksa kamar terdakwa,"sebut Jaksa. 

Saat dilakukan pengeledahan petugas menemukan daun, biji dan batang ganja kering yang terbungkus dalam platik bening. Atas perbuatan itu, terdakwa olah Jaksa dijerat dengan tiga Pasal yaitu Pasal 111 ayat (1), 127 ayat (1) huruf a dan Pasal 131 jo Pasal 111 ayat (1) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.(MG/SN)