Rai Iswara : Seluruh OPD Denpasar WajibTingkatkan Disiplin

Rabu, 08 Februari 2017 09:32 Nasional

Bagikan

Rai Iswara : Seluruh OPD Denpasar WajibTingkatkan Disiplin
Rapat pengarahan Rai Iswara, Sekkot Denpasar, Selasa (7/2)(ayu/sn)
Denpasar, Semetonnews - Disiplin memegang peran yang penting dalam mengukur kinerja semua Aparatur Sipil Negara. Maka dari itu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara tanpa henti-hentinya meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan disiplin.

Menindak lanjut arahan Walikota Denpasar, Sekda Kota Denpasar AA Ngurah Rai Iswara langsung mengumpulkan dan meminta semua OPD untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja. ‘’Disiplin sangat memegang peranan penting dalam segala hal di pemerintahan,’’ ujarnya saat memimpin rapat bersama Kepala OPD Pemerintah Kota Denpasar di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar Selasa (7/2).

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan, disiplin juga mencerminkan loyalitas pada diri sendiri, loyalitas pada pekerjaan dan loyalitas pada pimpinan. Orang yang disiplin juga menunjukkan kualitas dirinya, serta menghargai dirinya sendiri. Sedangkan bagi yang tidak disiplin sebenarnya dia melecehkan dirinya sendirinya. Serta memberikan kesempatan pada orang lain untuk memojokkan dirinya.

Rai Iswara pun menegaskan, kedisiplinan itu kuncinya berada pada diri sendiri. Disiplin juga akan berdampak pada loyalitas pada pimpinan. Dalam ajaran Catur Guru yang harus dihormati adalahGuru Swadhyaya, Guru Rupaka, Guru Pengajian, dan Guru Wisesa. Namun dalam pemerintahan semua OPD harus menghormati pimpinan.

‘’Artinya jika kita berani pada pimpinan berarti berani pada Guru Swadhyaya atau tuhan itu sendiri, maka dari itu saya meminta semua OPD untuk meningkatkan kedisplinan’’ ungkapnya.

Kalau sudah semua OPD disiplin maka tidak ada lagi yang dipecat. Supaya OPD disiplin  maka dari itu Rai Iswara juga meminta semua Kepala OPD Pemerintah Kota Denpasar untuk menjabarkan disiplin kepada semua stafnya masing-masing. “Saya tidak ingin karena tidak disiplin pegawai mempengaruhi pelayanan terhadap masayarat. Mengingat saat ini semua OPD dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya akan terus memantau kedisiplinan pegawai di lingkungan Pemrintah Kota Denpasar. Jika ditemukan kehadiran OPD berturut-turut tiga kali tanpa keterangan (TK), maka akan dilakukan pemanggilan secara lisan, selanjutnya teguran tertulis dan lapor kepada Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Denpasar untuk dibuatkan sanksi.

Rai Iswara menambahkan, jika setelah arahan ini masih ada kejadian yang melanggar maka pihaknya memastikan melakukan tindakan yang tegas tentunya sesuai dengan peraturan. (rls/sn)