Munarman Tidak Ditahan, Usai Pemeriksaan Langsung Pulang

Selasa, 14 Februari 2017 15:07 Hukum & Kriminal

Bagikan

Munarman Tidak Ditahan, Usai Pemeriksaan Langsung Pulang
Munarman Jubir FPI (ist-SN)
Denpasar, Semetonnews - Polda Bali melakukan pemeriksaan tahap kedua terhadap juru bicara FPI, pemeriksaan yang digelar sejak Senin (13/2) kemarin ini dilanjutkan hari ini,  Selasa (14/2).

Usai diperiksa selama kurang lebih 3 jam, Munarman bergegas keluar dari ruang penyidikan,  kepada awak media ia mengatakan, sebagai warga negara ia menghormati proses hukum. 

"Saya sebagai warga negara mematuhi prosedur yang ada. Saya datang ke Polda Bali jalani pemeriksaan," katanya, Selasa, (14/02/2017).

Lebih jauh, Munarman berkilah jika dirinya disebut bahwa  menyebarkan atau melakukan tindakan permusuhan atau penyebaran informasi yang terkait dengan SARA. "Sudah saya jelaskan dalam berita acara pemeriksaan, tidak ada maksud untuk itu,"kilahnya. 

Munarman menuturkan kedatangan dirinya ke kantor Kompas Grup di Jakarta,bukan bertujuan untuk menyeret permusuhan kepada pihak atau kelompok lain dengan menyebar informasi kebencian. Munarman meminta media tersebut untuk bersikap, proporsional, profesional, dan adil. "Itu konteksnya yang perlu saya tegaskan,"ujarnya.

Sebelumnya Zet Hasan,  melaporkan Munarman dilaporkan ke Polda Bali, Senin, 16 Januari 2017, sehubungan dengan ucapannya dalam video yang diunggah di YouTube berdurasi 1:24:19 pada 16 Juni 2016. 

Dalam video itu Munarman membuat tuduhan sepihak bahwa pecalang (petugas keamanan adat di Bali) melempari rumah penduduk dan melarang umat Islam salat Jumat.

Juru bicara FPI, Munarman diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 a ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto pasal 55 dan atau pasal 156 KUHP ancaman di atas enam tahun.(sn)