Sebut Kejuaraan Ilegal, TI Bali Laporkan Ketua Panpel ke Polresta

Senin, 20 Februari 2017 23:43 Hukum & Kriminal

Bagikan

Sebut Kejuaraan Ilegal, TI Bali Laporkan Ketua Panpel ke Polresta
Lan Ananda (sentralbali.com)
Denpasar,Semetonnews-Meski berlangsung sukses, tapi kejuraan Taekwondo Walikota Cup yang digelar di GOR Kompyang Sujana harus berujung di Polresta Denpasar. Pasalnya, pihak Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Bali dibawah kendali A.A.N. Lanang Agung Ananda menganggap kejuaraan tersebut ilegal. 

Alsanya, panitia pelaksana dalam menggelar kejuaraan itu tanpa mengantongi izin dari TI Bali apalagi TI Pusat. Pria yang akrab disapa Lan itu membenarkan bila pihaknya sudah melaporkan masalah ini ke Polresta Denpasar, Minggu (19/2/2017) lalu.  Lan mengatakan, dalam aturan, sudah jelas, bahwa setiap menggelar kejuraan yang melibatkan antar Dojang (tempat latihan) harus mengantongi izin, baik dari TI Bali, maupun TI Pusat. 

"Untuk kejuaraan Walikota Cup lalu, sama sekali tidak ada izin dari TI, baik Bali maupun Pusat,"jelas Lan yang dihubungi, Senin (20/2/2017) . Dikatakan pula, terkait hal ini sudah tertuang dalam Pasal 51 dan Pasal 86 Undang-Undang No. UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN)."Dalam Pasal 51 dan 86 sudah jelas, dan disana kalau melanggar ancaman hukumanya dua tahun penjara,"jelasnya. 

Dikatakan pula, Handoko sebagai terlapor dalam kasus ini adalah orang yang mendapat skorsing dari PB (Pengurus Besar) Taekwondo."Jadi dalam kejuaraan Wlikota Cup itu, semua panitia dan juga Dojang yang ikut adalah mereka yang terkana skorsing. Karena membawa nama Taekwondo jalas itu kejuaraan ilegal,"tegasnya. 

Dikatakanya, tujuan dari dilaporkanya Handoko, selaku Ketua Panitia Pelaksana bukan karena ada tendensi apa-apa, melainkan murni untuk menyelamatkan olahraga di Bali."Kami menganggap kejuaraan itu (Walikota Cup) ada unsur melawan hukumnya, makanya kami laporkan. Selain itu kalau dari awal atlet sudah diajari melanggar aturan, bagaimana bisa jadi atlet yang baik,"pungkasnya.(MG/SN)