Aparat Siapkan Tiga Ring Untuk Amankan Raja Salman

Jumat, 03 Maret 2017 18:29 Nasional

Bagikan

Aparat Siapkan Tiga Ring Untuk Amankan Raja Salman
Apel Pasukan Pengamanan Raja Salman, Jumat (3/3) (Pendam -SN)
Denpasar,  Semetonnews - Kodam IX Udayana Sebagai penanggungjawab pelaksanaan tugas Pengamanan VVIP di wilayah Bali bersama-sama dengan Polda Bali, Pemerintah Daerah Provinsi Bali danunsur pendukung lainnya menggelar apel gelar pasukan dalam rangka kunjungan Raja Arab Saudi, Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud pada Jumat (3/3) di lapangan Lagun Nusa Dua Bali.

Adapun tujuan apel gelar pasukan ini adalah untuk mengadakan pengecekan akhir dan memastikan bahwa semua unsur yang terlibat benar-benar memiliki kesiapan baik secara perorangan maupun satuan dan memahami tugas, tanggung jawab dan rantai komandoyang berlaku sesuai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP yang berlaku. Disamping itu apel ini juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan, untuk memastikan keterpaduan gerak, langkah dan tindakan semua unsur ketika menghadapi dinamika penugasan.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, didampingi Kapolda Bali sebagai pimpinan Apel Gelar Pasukan menyampaikan, pengamanan kunjungan Raja Arab Saudi beserta rombongan ke Provinsi Bali merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada kita, untuk itu mari kita junjung tinggi kehormatan dan kepercayaan tersebut dengan berbuat maksimal, berbuat yang terbaik, agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar dan untuk mendukung hal tersebut, beberapa langkah kegiatan telah dilakukan, antara lain mulai dari rapat-rapat kordinasi, peninjauan lokasi kegiatan, penyiapan seluruh personel, materiil dan termasuk pada pagi hari ini dilaksanakan apel gelar pasukan, semua itu merupakan bagian dari Prosedur Tetap Pengamanan VVIP.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut Pangdam juga menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh personel Satgas antara lain, pahami dan kuasai Prosedur Tetap dan Prinsip dasar Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pegang teguh disiplin dan pahami rantai Komando agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik.Tingkatkan kewaspadaan sepanjang jalannya operasi, jangan lengah dan tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengganggu pelaksanaan pengamanan. jangan ragu bertindak dan lakukan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait serta cermati, ikuti dan laporkan setiap perkembangan situasi di lapangan, dengan tetap menegakkan aturan pengamanan berita dan kegiatan yang berlaku.

Selanjutnya disaat wawancara dengan awak Media Pangdam Menyampaikan dalam pengamanan ini menerapkan sistem ring dengan tiga lapis sebagaimana pelaksanaan yang sudah biasa sesuai dengan Prosedur Tetap Pengananan VVIP dengan mengerahkan 2.500 orang personel gabungan dari Kodam IX/Udayana, Polda Bali dan Pemda Provinsi Bali yang ditempatkan pada titik-titik yang dianggap bisa dimungkinkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. " Meskipun kunjungan ini sifatnya pribadi namun sistem pengamanannya tetap sama, yang penting kita pandai menempatkan diri agar jangan sampai menggangu kenyamanan dan kelancaran jalannya kunjungan."tegas Pangdam. (SN)