Kapolda Minta Polres Banyuwangi Komitmen Perangi Narkoba Tidak Tebang Pilih

Kamis, 06 April 2017 11:55 Nasional

Bagikan

Kapolda Minta Polres Banyuwangi Komitmen Perangi Narkoba Tidak Tebang Pilih
Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin bersama Bupati Banyuwangi
Banyuwangi,  Semetonnews - Tingginya peredaran Narkoba di  Jawa Timur, menjadi perhatian utama Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin.

17 kg Sabu yang baru baru diungkap Ditnarkoba Polda Jatim menjadi bukti atas keseriusan jajarannya dalam memerangi narkoba. 

Banyuwangi pun tak luput dari pantauannya,  menurut Kapolda jumlah peredaran, di Kota berjuluk Sunrise of Java yang berbatasan langsung dengan Pulau Dewata ini meningkat secara signifikan. 

“Bali yang merupakan destinasi wisata dunia salah satu pintu masuknya melalui Banyuwangi. Jadi, saya kira wajar jika akhirnya Banyuwangi ini sebagai lintasan peredaran narkoba. Tapi tetap kita perangi dan minimalisasi peredaran yang ada,” tegas orang nomor satu di Mapolda Jatim ini.

Menurut kapolda, monitoring peredaran barang haram di daerah perlintasan bukan hal yang mudah, mengingat tinggi konsumsi, juga berimbas pada pariwisata. Karena itu, pihaknya terus konsisten perang terhadap narkoba. 

“Selama ini pula para bandarnya tidak pernah jera. Tapi kami yakin, dengan kerja keras yang kita lakukan bersama masyarakat, peredaran narkoba bisa kita minimalisasi. Untuk masyarakat, kami imbau jangan sampai terjerat narkoba,” tandas Machfud. 

Rony, aktivis LSM dari Jakarta yang sedang melakukan kegiatan monitoring peredaran narkoba di Banyuwangi menyayangkan sikap Polisi yang tebang pilih, dari pantauan lapangan Semetonnews, penangkapan narkoba di Banyuwangi hanya menyasar pengguna dan pengedar, namun di Kawasan Pelabuhan seperti Muncar, terdapat peredaran yang marak namun tidak tersentuh,  "juragan kapal yang menggunakan narkoba sebagai stimulus untuk para ABK nya dibiarkan,  kalau Polres komitmen itu pun disikat,"jelas Rony salah satu Aktivis LSM dari Jakarta yang sedang getol melakukan pemantauan peredaran narkoba di Banyuwangi. (SN)