Forum Jurnalis Lintas Media (FJLM) Bondowoso Boikot Berita Polres.

Kamis, 06 April 2017 12:12 Nasional

Bagikan

Forum Jurnalis Lintas Media (FJLM) Bondowoso Boikot Berita Polres.
FJLM Boikot Berita Polres, (SN)
Bondowoso, Semetonnews- Forum Jurnalis Lintas Media (FJLM) Bondowoso Rabu sore (4/4/2017) menyatakan aksi boikot pemberitaan atas kunjungan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin ke Mapolres Bondowoso.

Hal itu dilakukan karena Polres Bondowoso dinilai tak kooperatif terhadap beberapa Wartawan dalam melakukan peliputan beberapa waktu lalu, Mereka menganggap Polres Bondowoso tak memahami tugas dan fungsi media sebagai salah satu pilar keempat demokrasi di Indonesia.

Menurut Bastiyar Arifin Ketua Forum Jurnalis Lintas Media (FJLM) Bondowoso dalam surat pernyataan sikap yang dirilis disebutkan bahwa Polres Bondowoso kerap kali menunda memberikan informasi kepada jurnalis saat melakukan peliputan.

Alasan yang disampaikan adalah, pernyataan resmi akan diberikan saat rilis dilakukan beberapa hari setelah peristiwa. Padahal, menurut Koordinator FJLM, Bastiyar Arifin, jurnalis selalu dituntut untuk menyajikan informasi yang aktual dan terupdate.

“Misalnya ada kejadian lakalantas, penangkapan oknum pejabat dan lain sebagainya, jika kami menunggu statement kepolisian besok atau lusa hari, beritanya jadi basi. Kami merasa terganggu jika setiap kejadian harus menunggu rilis yang dilakukan keesokan atau bahkan beberapa hari kemudian. Polisi seharusnya kooperatif,” Ujar Bastiyar Arifin

Menurut Bastiyar, seharusnya Polisi bisa bersikap lebih kooperatif kepada jurnalis yang tengah melaksanakan tugas jurnalistik di lapangan, utamanya yang berkaitan dengan penegakan hukum di wilayah Bondowoso. Apalagi selama ini jurnalis tak pernah meminta informasi yang bersifat rahasia.

“Kami menghormati institusi Polri sebagai salah satu penegak hukum yang tidak bisa sembarangan memberikan informasi, apalagi hal-hal yang bersifat rahasia. Di sisi lain kami juga meminta Polres Bondowoso untuk tidak menyepelekan tugas kami. Apalagi polisi kan pengayom,” imbuh Bastiyar Arifin pewarta foto ini.

Atas tindakan tidak kooperatif inilah, sejumlah Jurnalis yang tergabung dalam FJLM menyepakati aksi boikot tak akan melakukan peliputan atas kedatangan Kapolda Jatim, yang dijadwalkan hari ini, Aksi boikot ini akan terus berlangsung hingga Kapolres Bondowoso, AKBP Afrisal SIK memiliki solusi yang disepakati oleh kedua belah pihak.

“Kami minta ini supaya menjadi perhatian Kapolres Bondowoso,” pungkas Bastiyar. (ari/SN)