Kapolres Bondowoso Tanggapi Aksi Boikot Forum Jurnalis Lintas Media Bondowoso.

Kamis, 13 April 2017 20:24 Nasional

Bagikan

Kapolres Bondowoso Tanggapi Aksi Boikot Forum Jurnalis Lintas Media Bondowoso.
Kapolres Bondowoso AKBP.Afrisal SIK (ARI-SN)
Bondowoso,Semetonnews - 
Kapolres Bondowoso AKBP.Afrisal SIK,tanggapi serius aksi Boikot yang dilakukan oleh Forum Jurnalis Lintas Media Bondowoso (FJLM) waktu Kunjungan Kapolda Jawa Timur ke Polres Bondowoso waktu lalu.

Menurut Bastiyar Arifin  Ketua Forum Jurnalis Lintas Media seusai bertemu  Kapolres Kemis(13/04/2017) menyampaikan bahwa Kapolres Bondowoso   AKBP.Afrisal SIK mengakui bahwa menurut Kapolres, aksi boikot yang berlangsung sejak kedatangan Kapolda Jawa Timur pada beberapa hari lalu, berawal dari salah paham semata.
“Ini hanya miss komunikasi ,saya kira tidak ada niatan dari pihak kami untuk membatasi ruang gerak kawan – kawan Wartawan saat melakukan tugas. Hanya saja perlu dipahami, ada beberapa hal yang memang tidak bisa disampaikan secara langsung seketika itu juga ketika ada proses hukum, terlebih terkait penyelidikan dan pengembangan,” kata Kapolres, saat bertemu koordinator FJLMB Bastiyar Arifin.

Menurut Kapolres, selama ini pihaknya berusaha terus menjalin kemitraan dengan media. Karena diakui atau tidak, berbagai kinerja dan capaian Polres Bondowoso juga atas bantuan publikasi dari media massa.

“Tentu kami sangat menghormati kawan – kawan jurnalis. Kalau dibilang kami meremehkan kerja jurnalis saya pikir itu tidak benar, karena berbagai capaian Polres Bondowoso bisa diketahui masyarakat juga karena dipublikasikan di media kawan – kawan,” imbuhnya.

Meski begitu, Kapolres mengakui jika perlu ada pembenahan di internal Polres Bondowoso atas adanya aksi boikot ini. Untuk itu, pihaknya berjanji akan segera melakukan pembenahan utamanya kepada anggota Polisi yang kerap bersentuhan langsung dengan jurnalis di lapangan.

“Ini juga menjadi introspeksi bagi saya pribadi dan anggota juga, maka akan kami perhatikan untuk dilakukan pembenahan di internal kami agar bisa saling mendukung untuk kemajuan Bondowoso,” ujar Afrisal.
Sementara itu, Koordinator FJLM, Bastiyar Arifin mengaku telah bertemu dan mendengarkan langsung penjelasan Kapolres Bondowoso, AKBP Afrisal. Dalam kesempatan tersebut, dirinya mewakili FJLM dan telah menyampaikan beberapa aspirasi kepada Polres Bondowoso.
“Beliau berjanji akan lebih kooperatif kepada para jurnalis. Tentu harus kita hargai karena beliau juga bersedia melakukan pembenahan secara internal. Sekarang tugas jurnalis adalah kembali menjalankan fungsinya sesuai koridor jurnalistik profesional,” kata Bastiyar.

Dikatakan Bastiyar, dengan adanya konsolidasi ini, pihaknya juga berharap pada rekan jurnalis khususnya yang tergabung dalam FJLMB untuk juga mengevaluasi diri. Sehingga, tidak mudah terprovokasi situasi yang sekira akan merugikan.

"Saya sampaikan juga kepada teman-teman bahwa jurnalis itu harus kreatif. Ya pintar-pintarnya jurnalislah dalam berkarya. Jangan sampai mudah tersinggung dengan hal yang sebenarnya bukan melanggar prinsip jurnalisme," tambahnya.

Bastiyar Arifin berharap momentum ini akan menjadi awal terciptanya hubungan yang harmonis, profesional saling pengertian antara institusi Kepolisian dan para kuli tinta.
Disamping itu Ia berharap kepada semua wartawan yang tergabung di FJLM Bondowoso dalam melaksanakan tugas jurnalistik agar  bekerja secara lebih profesional dan mengedepankan etika saat melakukan tugas peliputan.
“Jangan lupa, meski profesi jurnalis dilindungi undang – undang, bukan berarti bisa bersikap semena – mena. Ada kode etik yang harus kita patuhi sehingga tidak ada yang merasa dirugikan,” pungkasnya.(ari).