ForBALI Berkibar Dalam Tradisi Mekotekan

Sabtu, 15 April 2017 23:40 Nasional

Bagikan

ForBALI Berkibar Dalam Tradisi Mekotekan
Tradisi Mekotekan
Badung, Semetonnews - Tradisi Mekotekan merupakan tradisi warga desa adat Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung,  acara ini merupakan simbol kegembiraan warga atas kemenangan kerajaan Mengwi usai memperluas wilayah ke Kerajaan Blambangan.


Ratusan warga pun turut ambil bagian dalam acara ini,  ritual yang digelar tiap Rahina Kuningan ini menjadi simbolis kemenangan perjuangan rakyat Mengwi,  tradisi ini seolah menegaskan bahwa spirit kegembiraan dalam berjuang tetap harus terjaga. 



Ada yang beda, pada acara yang digelar Sabtu (15/4) siang tadi, Bendera ForBALI berkibar dipuncak tongkat warga, pemandangan inilah menjadi spesial,  ditengah pergulatan melawan rencana reklamasi teluk benoa,  yang hingga kini masih terus dilakukan Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi dan Desa Adat Pasubayan Tolak Reklamasi Teluk Benoa.

Seorang warga Desa Adat Munggu, naik ke puncak kotekan,  dengan membawa tongkat bendera ForBali, hal yang tidak biasa,  seorang warga nampak jengah dengan peristiwa langka ini, Tut dey tak menyangka momentum ini bakal terjadi, " tanpa tongkat saja susah, dia justru naik membawa tongkat bendera ForBali , dan tidak terjatuh,  ucapnya.  (SN)