Rabu, Mantan Sekwan DPRD Kota Denpasar Diadili di Pengadilan Tipikor

Senin, 08 Mei 2017 23:50 Hukum & Kriminal

Bagikan

Rabu, Mantan Sekwan DPRD Kota Denpasar Diadili di Pengadilan Tipikor
Tersangka Gusti Rai Suta (putih) saat hendak dikirim ke LP Kerobokan beberapa waktu lalu untuk menjalani pernahanan (dok/SN)
Denpasar,Semetonnews- Kasus mark up perjalanan dinas (Perdin) DPRD Kota Denpasar dengan tersangka mantan Sekwan, I Gusti Rai Suta, Rabu (10/5) bergulir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Denpasar.

Kepastian ini ditegaskan langsung Hakim Wayan Sukanila yang ditunjuk Katua Pengadilan untuk memimpin persidangan tersebut. Menurutnya, sidang pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dijadwalkan Rabu. "Lengkapnya liat saja saat persidangan (Rabu 10/5) nanti ya,"ujar hakim Sukanila ditemui usai mimpin sidang di PN Denapsar, Senin (8/5).

Dalam persidangan nanti, Sukanila didampingi hakim Sutrisno dan Nurbayah Gaol. Proses persidangan ini menyusul setelah pelimpahan berkas dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar ke PN Denpasar, beberapa waktu lalu.

Sekedar mengingatkan, Rai Suta ditahan pihak Kejari, usai pemeriksaan, Kamis (23/2) lalu. Saat itu, pensuinan PNS ini digiring ke mobil tahanan untuk selanjutnya dititipkan di Lapas Kerobokan. Sebelum ditahan, ayah tiga anak ini diperiksa di lantai II ruangan Kasipidsus Tri Syahru Wira Kosadha.

Sekedar diketahui, dalam kasus perdin ini sudah ada yang lebih dahulu disidang. Yakni,  mantan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), I Gusti Made Patra. Bahkan Pengadilan Tipikor melalui hakim ketua, Sutrisno telah menjatuhkan hukuman penjara setahun dan denda Rp 50 juta subsider kurungan sebulan.

Sekedar mengingatkan, pihak kejaksaan menemukan adanya dugaan korupsi pada perdin DPRD Denpasar tahun 2013 dengan melibatkan dua travel yakni Bali Daksina dan Sunda Duta. Dalam kasus tersebut terindikasi negara mengalami kerugian mencapai Rp 2,293 miliar lebih. Selain Patra, kejaksaan juga telah menahan tersangka lain, mantan Sekwan Denpasar I Gusti Rai Suta.(MG/SN)