Dinas PU Bina Marga, dan Tata Ruang Diduga Pungut Fee 5 % Tiap Pengajuan Termin

Selasa, 09 Mei 2017 08:44 Hukum & Kriminal

Bagikan

Dinas PU Bina Marga, dan Tata Ruang Diduga Pungut Fee 5 %  Tiap Pengajuan Termin
Proyek Rusak Senilai 8 M Rusak (ist-SN)

Banyuwangi, Semetonnews - Proyek pelebaran jalan Proyek sepanjang Blimbingsari - Bomo, dilanjutkan Bomo - Bagorejo dan Tembok rejo menuju Sumbersewu, ditegaskan saat ini (masa perawatan) sepenuhnya tanggung jawab Produsen AMP (Asphalt Mixing Plant). 


Tentang ketebalan hotmix yang hanya 2 centimeter, diduga keluar dari RAB. Sementara siapa pihak yang bertanggung jawab atas pekerjaan ini, justru  DInas dan  Kontraktor saling bantah.


Ketebalan Asphalt Mixing Plant yang mengelupas di lokasi yang hanya 2cm, M. Rohman Akbar mengatakan bahwa bukan ukuran sentimeter yang menjadi patokan, namun menggunakan tonase. 


Dikonfirmasi lebih jauh akhirnya direktur PT BAN, M Rochman Akbar, mengatakan jika dalam proyeknya terganggu dalam proses , lebih parah diungkapkannya ada permintaan fee 5 % pertermint yang sempat ditolaknya. “ ada pegawai PU yang datang ke saya, minta fee 5 %, saya tidak kasih, “ ungkapnya.


Sementara itu, pihak Dinas Pekerjaan Umum yang dikonfirmasi semetonnews, Ebta Adharisandi, ST,M.Si selaku Kasi jalan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang Kabupaten Banyuwangi, mempersulit saat akan di konfirmasi, dai komunikasi via whatsapp yang dilakukan, ia pun membantah jika ada ada fee 5 %, ia mengatakan bahwa hal tersebut tidak ada, namun ia mempersilahkan Tim Investigasi Semetonnews untuk datang ke kantornya bertemu dengan Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pu Bina Marga  Abdul Abdul Cholik.

 

Disisi lain bentuk intimidasi justru dilakukan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum atas suruhan Toyib Ali Mansyur Effendi, salah satu pegawai di Dinas PU Bina Marga , dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi.


Dari informasi yang diperoleh Semetonnews sesuai dengan keterangan salah satu nara sumber ,  sebesar fee 5 % , dari jumlah nominal , setiap penyelesaian administrasi termin proyek. ((Tim Investigasi SN)