Jebol Ventilasi Kamar Mandi Ruang Tahanan PN Denpasar, Terdakwa Asal Peru Kabur

Selasa, 16 Mei 2017 19:18 Hukum & Kriminal

Bagikan

Jebol Ventilasi Kamar Mandi Ruang Tahanan PN Denpasar, Terdakwa Asal Peru Kabur
Jose William Salazar Ortis (dua dari kiri) kabur meninggalkan dua rekanya (Ist/SN)
Denpasar,Semetonnews-Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (16/5) sekitar pukul 15.20 Wita  dihebohkan dengan kaburnya seorang tahanan asal Peru bernama Jose William Salazar Ortis. Jose William yang menjadi terdakwa di PN Denpasar karena kasus pembobolan ATM itu, kabur melalui ventilasi kamar mandi di ruang tahanan PN Denpasar. 

"Tidak ada yang tahu dia (Jose Wlliam) kabur, tahu-tahunya orang sudah heboh aja,"sebut salah satu pengunjung PN Denpasar. Pun dengan para pengawal tahanan dari Kejari Denpasar. Mereka semua tidak ada yang tahu ada tahanan kabur. Mereka baru mengetahui ada yang kabur setelah terdakwa Jose Willam sudah tidak ada lagi di ruang tahanan.

Dari obrolan beberapa orang  yang ada disekitar PN Denpasar dan Pengadilan Militer (Dilmil) ada yang  mengatakan melihat ada orang lari, satu melompati tembok PN Denpasar menyeberang ke Dilmil dan melewati tangga Pura."Tapi saya tidak tahu kalau itu tahanan yang kabur. Saya kira ada gempa, jadi saya juga ikut lari,"sebut salah satu pengunjung.

Dari cerita tahanan lainya, terdakwa sebalum kabur sempat masuk ke kamar mandi yang ada dalam ruang sel tahanan. Terdakwa diketahui kabur setelah tahanan lain ingin menggunakan kamar mandi."Saat digedor dan dibuka, dia (Jose Willam) sudah tidak ada lagi di dalam,"sebut salah satu tahanan. 

Kaburnya terdakwa ini sepertinya sudah direncanakan, pasalnya saat terdakwa kabur, kantin di Dilmil dalam keadaan sepi."Padahal biasanya kantin di sini (Dilmil) tidak pernah sepi. Ini kan pas sepi makanya dia (Jose Willam) bisa kabur tanpa diketahui orang."sebut saksi lainya. 

Sementara Kelapa Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Denpasar Ketut Maha Agung yang dimintai keterangan mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pengejaran. Seperti diketahui, terdakwa Jose William adalah terdakwa kasus pembobolan ATM. Dalam kasus ini Jose Willam tidak sendiri. 

Masih ada dua terdakwa lainya yang juga berasal dari Peru. Mereka adalah Roberto Castro De La Cuba dan Frankho Pizaro Solano. Saat menjalani persidangan, ketiga terdakwa dampingi oleh pengacara Edward Pangkahila dkk. Sedangkan agenda sidang, Selasa(16/5) sejatinya sudah masuk pada pembacaan tuntutan dari jaksa Bela Putra Admaja.(MG/SN)