Kajari Larang Pengunjung Bawa Makanan untuk Tahanan

Kamis, 18 Mei 2017 21:29 Hukum & Kriminal

Bagikan

Kajari Larang Pengunjung Bawa Makanan untuk Tahanan
Kajari Denpasar, Erna Normawati Widodo Putri didampingi Kasipidum, Ketut Maha Agung saat mengunjungi sel tahanan di PN Denpasar/MG
Denpasar,Semetonnews-Buntut dari kaburnya tahanan asal Peru, Jose Wiliam Salazar Ortis, terdakwa kasus pembobolan ATM,  Kajari Denpasar Erna Normawati Widodo Putri langsung membuat larangan yang mengejutkan bagi pengunjung tahanan di PN Denpasar. 

Yaitu, pengunjung tahanan di PN Denpasar tidak lagi diperbolehkan membawa makanan atau apapun yang diberikan kepada para tahanan."Sekarang tidak ada lagi pengunjung yang datang membawa makanan untuk tahanan,"sebut Erna yang menyebut para tahanan itu sebelum mengikuti sidang sudah diberi makan oleh pihak Lapas. 

Selain itu, kata Erna pengunjung yang datang juga tidak diperbolehkan mendekat apalagi sampai bersentuhan dengan para tahanan, sebagaimana yang sering terjadi sebelumnya. "Tidak ada lagi pengunjung yang mendekat. Cukup sampai di depan petugas jaga saja,"kata pejabat asal Malang ini. Selain itu Erna juga mengatakan, untuk ruang tahanan di kamar mandi tidak dibenarkan adanya ventilasi. 

"Semua harus di tembok karena kalau dipasangi tralis percuma, sekarang mau dipaku atau apakan, kalau sudah akal liciknya seorang kriminal, bisa aja berbuat apa aja dengan cara apapun. Makanya lebih baik di tembok. Pintu kamar mandi pun, cukup hanya setengah sehingga aktivitas tahanan dalam kamar mandi masih tetap terpantau, oleh petugas maupun tahanan lain,"kata Erna. 

Dikatakan pula, untuk tahanan  saat tiba di PN Denpasar harus dalam keadaan terborgol satu persatu."Kunci borgol hanya dibawa oleh Jaksa dan pengawal tahanan,"sebut Erna. Terkait untuk pintu kamar mandi dan penembokan ventilasi, Erna mengatakan pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak PN Denpasar."Karena tahanan ini ada di Pengadilan maka kami harus berkoordinasi dengan pihak Pengadilan,"tegasnya.(MG/SN)