Jose Ortis Diduga Siap Kabur ke Malaysia dengan Paspor Palsu

Kamis, 25 Mei 2017 20:37 Hukum & Kriminal

Bagikan

Jose Ortis Diduga Siap Kabur ke Malaysia dengan Paspor Palsu
Jose Ortis (baju hitam) digiring petus usai turun dari pesawat (MG/SN)
Denpasar,Semetonnews-Jose William Salazar Ortis, terdakwa kasus pencurian dengan pemberatan (pembobolan ATM) yang kabur dari sel tahanan PN Denpasar akhirnya, Kamis (25/5/2017) tiba di Bandara Ngurai Rai, Tuban, Denpasar sekitar pukul 16.30 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. 

Jose Otis yang ditangkap di Hotel Dharma Utama, Pekanbaru, Riau, Rabu (24/5/2017) sekitar pukul 12.00 WIB begitu tiba langsung digiring ke Polresta Denpasar menggunakan mobil APV putih untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. 

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Denpasar, I Ketut Maha Agung yang ditemui di Bandara Ngurah Rai mengatakan, penangkapan Jose Ortis dilakukan oleh tim dari Polresta Denpasar, Kejari Denpasar dan dibantu oleh tim dari Polda Riau."Tim gabungan menangkap terdakwa saat berada di Lobi Hotel. Saat ditangkap, terdakwa tidak melakukan perlawan karena langsung tiarap,"ungkap pejabat asal Buleleng itu. 

Usai ditangkap, Jose Ortis sempat diinapkan di Polda Riau."Tadi pagi baru diterbangkan dari Pekanbaru menuju Jakarta, dan kemudian menuju Denpasar dengan pesawat Garuda,"sebut Maha Agung. Dikatakan pula dugaan sementara terdakwa Juse Ortis melakukan perjalan hingga ke Pekanbaru melalui jalan darat. "Dugaan sementara dia (Jose Ortis) melalui jalan darat dari Bali sampai ke Riau,"ungkap Maha Agung. 

Disebut pula, Jose Ortis diduga akan kabur ke Malaysia."Rencanyanya mau ke Malaysia. Ini dibuktikan dengan sudah melakukan scan beberapa paspor palsu,"kata Maha Agung. Namun sejuah ini siapa yang membantu atau yang mefasilitasi Jose Ortis selama melarikan diri, Maha Agung mengatakan belum mengetahui."Kami belum tahu, tunggu nanti hasil pemeriksaan di Polresta,"pungkasnya. 

Sementara itu pantauan di terminal kedangan domesti  Bandara Ngurah Rai,  Jose Ortis saat tiba tidak melalui pintu kedatangan sebagaimana penumpang lainya. Tapi Jose Ortis dibawa keluar melalui pintu khusus.  Begitu keluar dari pintu tersebut, Jose Ortis dengan kedua tangan diborgol, digiring anggota Polisi dan beberapa orang dari Kejaksaan menunju kendaraan yang sudah disiapkan untuk dibawa ke Polresta Denpasar. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Jose Ortis yang sudah dituntut 7 tahun pejara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nyoman Bela Putra Admaja itu kabur dari sel tahanan PN Denpasar, Selasa (16/5/2017) lalu sekitar pukul 15.30 Wita.  Joses Ortis kabur setelah menjebol tralis ventilasi kamar mandi sel tahanan PN Denpasar.(MG/SN)