Jual Obat Daftar G Tanpa Izin Edar, Abdul Manap Terancam 4 Tahun Penjara

Selasa, 30 Mei 2017 01:24 Hukum & Kriminal

Bagikan

Jual Obat Daftar G Tanpa Izin Edar, Abdul Manap Terancam 4 Tahun Penjara
Ilustrasi-google-semetonnews
Denpasar,Semetonnews-Nekat menjual obat-obatan yang masuk dalam daftar G tanpa izin edar, seorang pria bermana Abdul Manap akhirnya menjadi terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar. Dalam sidang, Senin (29/5/201) masih dengan agenda pembacaan dakwaan jaksa. 

Dihadapan majelis hakim pimpinan Partha Bhargawa, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putu Gede Suriawan, dalam dakwaanya memaparkan, terdakwa yang beralamat di Jalan Raya Kerobokan, Banjar Mertedani , Desa Kerobokan itu ditangkap polisi pada 5 Maret 2017 sekitar pukul 22.00 Wita di parkiran CK di Jalan Kayu Aya. 

Dipaparkan pula, tertangkapnya terdakwa berawal dari laporan masyarakat yang menyebut terdakwa sering mengedarkan obat dartaf G di areal Parkir CK Jalan Kayu Aya. "Atas laporan itu petugas Polisi dari Polresta Denpasar langsung melakukan penyeledikan,"sebut Jaksa Kejari Denpasar itu. 

Saat melakukan penyelidikan, petugas melihat terdakwa dengan gelagat yang mencurigakan dan saat itu pula langsung dilakukan penangkapan serta penggeledahan."Saat dilakukan penggeledahan petugas menemukan ratusan obat daftar G,"sebut Jaksa dalam dakwaan. Namun, karena terdakwa tidak memiliki izin untuk mengedarkan obat-batan tersebut, terdakwa harus berurusan dengan Pengadilan. 

Atas perbuatan itu, terdakwa dijerat dengan Pasal 197 UU RI. No. 36 tahun 2009 tentang Kesehanan Jo Pasal 106 ayat (1) UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 62 UU RI No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.(MG/SN)