Kejari Pindahkan Lengkong dan Jose Ortis ke Lapas Kerobokan

Jumat, 02 Juni 2017 16:52 Hukum & Kriminal

Bagikan

Kejari Pindahkan Lengkong dan Jose Ortis ke Lapas Kerobokan
Jose William Salazar Ortis (kiri) dan I Wayan Murdana alias Lengkong akhirnya dipindah ke Lapas Kerobokan (SN)
Denpasar,Semetonnews-Dua terpidana yang sempat kabur dari sel tahanan PN Denpasar dan BNNP Bali, Jose William Salazar Ortis dan I Wayan Murdana alias Lengkong, Jumat (2/6) dipindahkan penahanya oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar. 

Kedua terpidana kasus berbeda (pembobola mesin ATM dan Narkotika)  ini dipindah dari sel tahan Polresta Denpasat dan BNNP Bali ke Lapas Kelas II A, Kerobokan sekitar pukul 13.00 Wita. Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Denpasar, I Ketut Maha Agung saat dikonfirmasi membenarkan adanya pemindahan kedua terpidana tersebut.

Dikatakan Maha Agung, pemindaha terhadap dua tahana ini setelah kasusnya sudah diputus oleh PN Denpasar. "Kami hanya melaksakan eksekusi,"sebut pejabat asal Buleleng itu. Sementara mengenai permohonan I Wayan Murdana alias  Lengkong melalui kuasa hukumnya, Benny Hariyono untuk tidak ditahan di LP Kerobkan,  Maha Agung mengatakan itu kewenangan hakim. 

"Kami hanya melaksana eksekusi, soal permohonan dari terpidana untuk tidak ditahan di LP Kerobokan, bukan kewenangan kami,"ujar Maha Agung. Pun saat ditanya terkait Lengkong akan mengajukan surat ke pihak Lapas Kerobokan agar penahananya dipindahkan."Silahkan saja, itu sudah menjadi kewenangan Lapas,"sebutnya. 

Sementara proses pemindahan kedua tahana ini, Maha Agung mengatakan berjalan lancar. Dalam perjalanan, tidak ada yang disampaikan kedua terpidana itu kepada petugas."Dari tiba di LP hingga proses adminitrasi selesai tidak ada masalah. Pihak LP juga menerima kedua terpindana ini,"pungkas Maha Agung.  

Seperti diketahui, kedua terpidana ini, sebelumnya kabur dari sel tahanan masing-masing di hari yang sama, Rabu (16/5) lalu. Lengkong yang sudah divonis 10 tahun penjara denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kerana terbukti bersalah menjadi perantara jual beli Nakoba kabur dari sel tahanan BNNP Bali dan kembali ditangkap di Ledang Homestay, Kamar No. 3 Jalan Raya Senggigi, Lombok Utara NTB, Kamis (18/5). 

Sedangkan Jose William Salazar Ortis, terpidana asal Peru yang terlibat kasus pencurian dengan pembaratan bersama dua rekanya yang sudah divonis 6 tahun penjara kabur dari sel tahanan PN Denpasar saat hendak menjalani sidang tuntutan. Seminggu kemudian, Rabu (24/5) kembali ditangkap di Pekan Baru, Riau saat hendak menyeberang ke Malaysia dengan paspor palsu.(MG/SN)