Jual Tembakau Gorila, Ikhram Terancam Dipenjara Seumur Hidup

Minggu, 18 Juni 2017 23:34 Hukum & Kriminal

Bagikan

Jual Tembakau Gorila, Ikhram Terancam Dipenjara Seumur Hidup
Ilustrasi-google
Denpasar,Semetonnews-Ikhram D. Male, pria asal Makassar ini bisa jadi menjadi salah satu penghuni LP Kerobakan dengan pidana penjara yang cukup lama. Pasalnya, atas perbuatanya menyimpan, mengusai dan menawarkan narkotika golongan I Jenis tambakau gorila, dia dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) UU RI. No. 35 tahun 2009 tetang Narkotika yang ancaman hukuman maksimalnya adalah penjara seumur hidup.

Selain itu, terdakwa juga dijerat dengan Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang yang sama yang ancaman hukumanya lebih ringan, yaitu 12 tahun penjara. Dengan ancaman hukuman yang cukup berat itu, membuat terdakwa yang didampingi pengacara Benny Hariyono itu hanya bisa tertenduk lesu saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Lu Oka Ariani Adikarini membancakan dakwaanya di muka sidang, belum lama ini. 

Sebagaimana tertuang dalam dakwaan, terdakwa ditangkap, 23 Januari 2017 lalu sekira pukul 19.30 di Jln. Gunung Andakasa Gang Soka No. I. Penangkap terdakwa berawal dari adanya laporan masyarakat kepada polisi yang menyebut terdakwa Ikhram memiliki, menyediakan atau menjual tembakau gorila. "Atas laporan itu langsung dilakukan penyelidikan,"sebut JPU Kejari Denpasar itu.

Polisi melakukan penyelidikan di seputaran tempat kost terdakwa. Saat itu petugas melihat terdakwa keluar dari kamar kostnya dan langsung ditangkap. "Setelah ditangkap langsung dilakukan penggeledahan dan ditemukan tembakau yang diduga tembakau gorila,"kata JPU. Saat penggeledahan itu petugas menemukan banyak bukusan yang dibawa terdakwa.

Semua isi dari bungkusan itu diduga tembakau gorila."Setelah dilakukan penimbangan, beratnya mencapai 212,9 gram bruto,"ungkap Jaksa Oka. Saat ditanya, terdakwa mengakui semua barang yang ditemukan adalah miliknya yang dibeli dari seseorang yang ada di akun instrgram.(MG/SN)