Impor 3 Kilo Hasis, Bule Rusia Dituntut 20 Tahun Penjara

Selasa, 11 Juli 2017 09:43 Hukum & Kriminal

Bagikan

Impor 3 Kilo Hasis, Bule Rusia Dituntut 20 Tahun Penjara
Sambil memeluk Alkitab, terdakwa Roman Rushkalasnikov begitu tenang meski dituntut 20 tahun penjara (MG/SN)
Denpasar,Semetonnews-Roman Rushkalasnikov warga negara Rusia yang kendapatan mengimpor Narkotika jenis hasis sebarat 3 kilo hanya bisa tertunduk lesu saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Made Tangkas menuntutnya dengan pidana penjara selama 20 tahun pada sidang, Senin (10/7/2017).

Meski dituntut hukuman yang tidak ringan, Roman sambil memeluk Alkitab terlihat tenang. Dalam amar tuntutan jaksa yang dibacakan dihadapan majelis hakim pimpina Partha Bhargawa menyatakan, terdakwa Roman terbukti secara tanpa hak dan melawan hukum mengimpor narkotika golongan I jenis hasis. 

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 113 ayat (2) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika."Terdakwa terbukti bersalah tanpa hak dan tanpa izin mengimpor narkotika golongan I jenis tanaman,"sebut Jaksa Tangkas dalam surat tuntutanya."Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdawa dengan pidana penjara salama 20 tahun,"imbuh jaksa dari Kejati Bali itu. 

Tak hanya itu, terdakwa yang didampingi pengacara IBM. Sutedja Putra juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 2 miliar dengan subsider 6 bulan penjara. Atas tuntutan itu, terdakwa melalui kuasa hukumnya menyatakan akan mengajukan pembelaan. Terdakwa sendiri, dikabarkan cukup tenang atas tuntutan itu karena terhindar dari hukuman mati.
 
Seperti diketahui, terdakwa Roman Rushkalasnikov ditangkap petugas Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai, 11 Desember 2016 lalu sekitar pukul 15.30. Roman ditangkap saat tiba dari Nepal dengan membawa hasis yang disimpan didalam kemasan pasta gigi. Saat memasuki mesin X-Ray, dalam tas terdakwa diketahui membawa barang terlarang tesebut.(MG/SN)