LSM Kritisi Rusaknya Lereng Ijen, HGU Beralih Fungsi Ratusan Hektar

Rabu, 08 November 2017 16:21 Politik

Bagikan

LSM Kritisi Rusaknya Lereng Ijen, HGU Beralih Fungsi Ratusan Hektar
Lokasi Alih Fungsi Lahan Di kawasan Cagar Alam Ijen
Banyuwangi, Semetonnews - Cagar alam kawasan pegunungan ijen sudah mulai di rusak oleh para pengusaha dari luar daerah. pasalnya didaerah lereng gunung ijen sudah mulai di gundul.

Gabungan dari beberapa aktivis banyuwangi, mengklaim ada kesalahan besar pada pengelolaan kawasan lereng pegunungan ijen, yang disitu telah di gundul dan di tanami bawang putih. 

Lanjut Gabungan Aktivis, Perusakan cagar alam pegunungan ijen, itu akan berdampak besar pada masyarakat banyuwangi yang ada di bawah-bawahnya, karena nantinya akan terdampak banjir di daerah bawah sekaligus juga rawan longsor.

"Kerusakan ini kenapa separah itu,  HGUnya di PT Lidjen ini adalah tanaman keras,  namun ini sudah beralih fungsi,  

Lebih fatal lagi,  kan Bupati Banyuwangi buta dengan proyek proyek yang ada diatas, " jelas HM Eko Sukartono, Ketua Dewan Pembina LSM Rejowangi. Rabu (08/9) 

"Sejauh ini pemegang hak guna usaha adalah PT Lidjen,  menurut warga Tamansari,  penebangan pohon keras,  diganti dengan tanaman holtikutura, sudah lebih dari 100 ha,  bahayanya saat intensitas hujan tinggi,  longsor mengancam kami," kata aktivis STAT, Agus saat ditemui di kawasan cagar alam ijen. 

Menurut informasi lahan ini sebelumnya memang hutan cadangan ijen,  seluas 300 ha,  akibat alih fungsi ini Kementrian Lingkungan Hidup mengeluarkan warning. (WN/SN)