ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) Gelar Penanaman Terumbu Karang Bentuk Kepedulian Lingkungan

Selasa, 21 November 2017 21:11 Nasional

Bagikan

ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) Gelar Penanaman Terumbu Karang Bentuk Kepedulian Lingkungan
Bali,  Semetonnews – Asosiasi Pelaku Pariwisata Bali (ASPPI) melakukan penanaman terumbu karang di Pulau Serangan kemarin. Kegiatan ini, sebagai Pra acara AJEG BALI 2017 yang akan diselenggarakan DPD Asppi Bali di Hotel Harris Sunset Road, 22 – 24 November.   

Penanaman terumbu karang yang dikemas dengan plakat bertuliskan AJEG BALI 2017 , dihadiri oleh pengurus dan anggota Asppi Bali. Menggunakan 2 speed boat, berangkat dari Green Island menuju ke tengah laut untuk menanam terumbu karang tersebut. 

Ketua DPD ASPPI BALI, I Nyoman Sudiadyana mengatakan kegiatan ini, bertujuan untuk melestarikan terumbu karang khususnya di Pulau serangan ini. Tahun 2013 lalu, memang ada kerusakan di ekosistem bawah laut. Sehingga, menjadi kewajiban kita sebagai manusia dan juga pelaku wisata untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang di serangan ini.  

Pelestarian terumbu karang, ujar dia, berkaitan dengan konsep Tri Hita Kirana yang merupakan filosofi Bali mengenai bagaimana kehidupan itu 0selaras antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan sang pencipta. ‘’kita sebagai pelaku pariwisata, harus menjunjung tinggi hubungan manusia dengan alam, karena pariwisata selalu berkaitan dengan alam,’’ ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, coral conservation ini juga sebagai pra acara kegiatan AJEG BALI 2017 yang akan diselenggarakan di Hotel Harris Sunset Road 22- 24 November. Kegiatan ini, akan diikuti oleh pelaku pariwisata di seluruh indonesia. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, dimulai dengan Table Top, Gala dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan terakhir ditutup dengan penanaman terumbu karang di Pulau serangan.

Nantinya, pelaku wisata di seluruh Indonesia yang hadir juga akan ikut melakukan penanaman terumbu karang di pulau serangan. ‘’Kontribusi sebagai pelaku wisata, sehingga Bali yang merupakan tempat wisata rujukan dunia tetap memiliki keindahan yang mempesona. Tidak hanya keindahan alamnya saja. Tetapi juga keindahan bawah lautnya,’’ pungkasnya. (non/SN)