Puluhan Ruko di Pasar Ubud Ludes Terbakar

Kamis, 24 Maret 2016 08:47 Peristiwa

Bagikan

Puluhan Ruko di Pasar Ubud Ludes Terbakar
ruko ruko pasar Ubud dilalap api. Devada/semetonnews

Gianyar, Semetonnews – Puluhan toko dalam satu blok  di  Pasar  Seni Ubud, Gianyar,  ludes  terbakar,  Kamis(24/03/16) pagi. Kebakaran yang mengakibatkan kerugian  milyaran  rupiah ini, diduga   lantaran  konsleting listrik. 

" Kobaran api awalnya hanya  melahap satu toko. Meksi petugas pemadam kebakaran sudah di lokasi secepatnya, tidak mampu menghalau api yang sudah terlanjur melahap barang-barang kerajinan di dalam toko, "terang Nyoman Sugandi yang ditemui di lokasi.

Dalam hitungan menit,  api  dengan leluasa melahap seluruh toko dalam satu gedung besar lantai dua itu. Sejumlah sepedamotor yang parkir di depan bangunan,  juga ikut terbakar. 

Khawatir api menjalar ke bangunan lainnya, para pedagang pun membuka paksa pintu utama, agar dapat menyelamatkan barang dagangannya. "Dewa ratu, kenapa apinya sampai besar begini, "teriak salah seorang wanita yang histeris mendapati tokonya  diselimuti si Jago merah.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran Ganyar yang menurunkan semua personilnya,  terus menerobos  sambil melakukan  penyemprotan. Namun sayang,  api sudah  menjalar ke lantai dua. 

Musibah ini terjadi sekitar pukul 05.00 Wita . Warga yang   melihat ada percikan api di dalam toko tidak bisa berbuat banyak. "Karena pintu utama  gedung, dalam kondisi terkunci. Kami tidak bisa masuk. Kami langsung mengubungi petugas Damkar Posko Ubud, " terang  salah seorang warga,  I Nyoman Sujana.

Demikian juga petugas pemadam kebakaran Gianyar yang sudah menurunkan  semua unit mobil semprot dan berulang kali bolak baiak untuk pengisian air, sangat kewalahan menghadapi api  yang kian membumbung. "Mempercepat pemadaman, petugas damkar dari luar kabupaten pun  kami  hubungi untuk diperbantukan, "terang Komandan Kompi Damkar Gianyar, Dewa Gde Anom.

Hingga tiga jam lebih, api akhirnya mulai dapat dijinakkan . Dalam kejadian ini, sedikitnya 20 lima toko dan  puliuhan los beserta isinya, ludes terbakar. Rumah warga di samping pasar juga ikut tersambar api.   Diduga kebakaran ini terjadi lantaran  konsleting listrik.  Kerugian material atas musibah ini  mencapai  Rp 2 Miilyar lebih.


Penulis :Nyoman Nana Devada

Editor : Paksi Jalantaka