Sore ini KPU Denpasar dan Manikaya Kauci Gelar Diskusi Evaluasi Pilwali

Selasa, 29 Maret 2016 10:55 Politik

Bagikan

Sore ini KPU Denpasar dan Manikaya Kauci Gelar Diskusi Evaluasi Pilwali
Suasana pemilihan walikota Denpasar, beberapawaktu lalu. (Ist/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews- KPU Denpasar bersama yayasan Manikaya Kauci akan menggelar diskusi publik untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilihan walikota. Diskusi ini akan digelar pada Selasa (29/3/2016) pukul 16.00 Wita sore nanti, di warung Kubu Kopi, Jalan Hayam Wuruk, Denpasar. Diskusi publik ini melibatkan sejumlah pengamat, tokoh masyarakat, penggiat partai politik maupun kalangan media.

Menurut Ketua KPU Denpasar pelaksanaan Pilwali pada 9 Desember 2015 lalu berlangsung secara serentak dengan lima kabupaten di Bali, maupun kabupaten-kabupten lain di tanah air. Karena untuk pertama kali digelar secara serentak maka tidak terlepas dari kelemahan-kelemahan, baik itu dari sisi regulasi maupun teknis pelaksaan.

"Publik perlu dilibatkan dalam proses evaluasi pelaksaan pemilu, sebab muaranya kerja-kerja penyelenggaraan Pilkada yang baik demi kepentingan publik juga," kata John Darmawan. Dalam diskusi nanti, publik yang terlibat diharapkan memberi catatan kritis pada kinerja KPU maupun regulasi. Apalagi di saat yang hampir bersamaan KPU RI bersama DPR RI sedang menggodok revisi UU Pilkada.

"Catatan kritis dan masukan dari publik nantinya diharapkan dapat menambah referensi pengambil kebijakan dalam merevisi UU Pilkada," kata John Darmawan.

PenulisĀ  : Robinson Gamar