Diduga Tipu Jual Beli Vila Rp 6 Miliar, Seorang Bule Diseret ke Pengadilan

Rabu, 30 Maret 2016 00:44 Hukum & Kriminal

Bagikan

Diduga Tipu Jual Beli Vila Rp 6 Miliar, Seorang Bule Diseret ke Pengadilan
Terdakwa Eric Bevan Gillet usai menjalani persidangan di PN Denpasar. (Maria Gracia/Semetonnews)

Denpasar, Semetonnews-Bule bernama Eric Bevan Gillet yang didakwa melakukan tindak pidana penipuan, Selasa (29/3/2016) diseret ke PN Denpasar untuk disidangkan. Sidang kemarin dimpimpin oleh Hakim Ketut Suarta.


Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purwanta Sudarmaji dipaparkan, terdakwa yang dampingi, pengacara, Simon Nahak dkk itu telah melakukan tindak pidana penipuan.


Perbuatan ini dilakukan terdakwa Eric Bevan Gillet pada 7 Oktober 2013 silam. Aksi tipu-tipu ini berawal dari saksi Ketut Semadi dan Tommy Comerford bermaksud membeli villa yang ditawarkan terdakwa.


Terdakwa saat itu memperlihatkan gambar villa, bentuk villa dan apartemen yang akan dibangun di atas tanah di Xanadu Seminyak Kuta. Penawaran terdakwa ini membuat kedua saksi.


"Bahkan tak tanggung – tangung  langsung membeli 10 unit villa, yang terdiri dari 1 unit vila disepakati seharga Rp1.885.000.000 (Rp 1,8 miliar lebih) dan  dan 9 unit villa lainnya seharga Rp.15.580.000.000 (Rp 15,5 miliar lebih). Kemudian korban membayar secara bertahap,"kata jaksa Purwanta dalam dakwaanya.


Ternyata vila yang dibangun terdakwa tidak sesuai dengan gambar, bentuk vila dan apartemen yang pernah ditawarkan. Selain itu, vila dan apartemen yang dibangun terdakwa juga tidak dilengkapi IMB.


Parahnya lagi, terdakwa malah tidak bisa menunjukkan bukti kepemilikan atas tanah yang dibangun vila itu. Akibat perbuatan terdakwa saksi Ketut Semadi dan Tommy Comerford mengalami kerugian Rp6.760.000.000.

Penulis : Maria Gracia