Ditarget 1 Juta Turis Tiongkok, Bali Siapkan Sarana dan Prasarana Pendukung

Jumat, 01 April 2016 20:35 Wisata

Bagikan

Ditarget 1 Juta Turis Tiongkok, Bali Siapkan Sarana dan Prasarana Pendukung
Ilustrasi (semetonnews)

Denpasar, Semetonnews-Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia tahun 2016 ini menargetkan setidaknya 10 juta wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia. Terget itu bisa terpenuni apabila promosi yang dilakukan berjalan maksimal.

Hal ini seperti dituturkan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani di Badung, Kamis (31/3/2016). Dia mengatakan, promosi yang dilakukan Kemenpar untuk menarik lebih banyak kunjungan turis Tiongkok ke Tanah Air yaitu melalui kerjasama dengan Baidu yang merupakan laman lokal masyarakat Tiongkok.

"Baidu ini adalah laman lokal untuk masyarakat China (Tiongkok), Baidu ini adalah Googlenya masyarakat disana," katanya. Kerjasama tersebut dikatakan Giri untuk mempromosikan destinasi-destinasi di Indonesia melalui teknologi digital.

Pihaknya mengatakan terkait kerjasama tersebut, Kemenpar menggelontorkan dana sebesar Rp 20 Miliar. "Di Baidu ini kami juga menyediakan berita-berita positif tentang Indonesia. Selama ini pemberitaan negatif yang muncul tentang Indonesia setiap mengklik kata kunci Indonesia.

Dengan kerjasama ini akan mengurangi berita negatif sehingga turis Tiongkok akan berdatangan ke Indonesia," bebernya. Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Daerah Bali, A.A Yuniartha Putra mengatakan bahwa Bali menargetkan jumlah kedatangan turis Tiongkok mencapai 1 juta orang pada tahun 2016.

Yuniartha pun optimis jika target tersebut dapat terpenuhi. “Dari target 10 juta wisatawan Tiongkok ke Indonesia, kami di Bali mendapat jatah sebanyak 1 juta wisatawan Tiongkok per tahun," terangnya.

Terkait target tersebut pihaknya mengaku telah mempromosikan Bali ke Tiongkok.

Begitu pula untuk persiapan di Bali kata dia telah melakukan. Salah satunya adalah meningkatkan sarana dan prasarana, serta peningkatan kemampuan SDM dalam hal pelayanan kepada turis Tiongkok.

Reporter : Paksi Jalantaka
Editor      : Maria Gracia