Kapolres Klungkung Latih Teknik Dasar Kepolisian

Rabu, 02 Maret 2016 16:19 Hukum & Kriminal

Bagikan

Kapolres Klungkung Latih Teknik Dasar Kepolisian
Anggota Kepolisian Polres Klungkung Saat Menjalani Latihan Teknik Dasar. (Ist/Semetonnews)
Klungkung, Semetonnews - Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra Wahyudi SiK melatih seluruh Personil Polres Klungkung dan Polsek jajaran Teknik Dasar Kepolisian dalam kegiatan pemeriksaan identitas diri, pengeledahan dan teknik pemborgolan. Pelatihan ini digelar di Halaman depan Mapolres Klungkung, Rabu (2/3/2016).
 
Latihan ini dilakukan karena Personil Polres Klungkung akan selalu bersentuhan dengan berbagai kalangan masyarakat. Kemungkinan terjadinya kontak fisik sangat besar. Latihan bertujuan meningkatkan kewaspadaan anggota saat mendapat tugas mendadak.  

“Tiap hari polis selalu berhadapan dengan masyarakat, karena itu diperlukan latihan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan fisik,” katanya. Teknik yang diajarkan disesuaikan dengan variasi dalam menghadapi situasi darurat.

Ada tiga zona berdasarkan jarak dan tingkat bahaya yang dihadapi petugas. Yaitu  zona hijau / zona pengamatan secara visual dan verbal dengan jarak antara petugas dengan orang yang dicurigai  2,5  meter. Zona kuning (kontak fisik), dimana lawan dapat mengenai petugas dengan pukulan, tendangan atau benda tajam. Zona merah (bahaya) dimana lawan sangat dekat dan dapat menyerang petugas dengan pukulan, lutut maupun dengan sikunya.(Rls)
 
Editor   : Robinson Gamar