Dewan Gianyar Geram, kok Ada Siswa UN di Rutan

Rabu, 06 April 2016 16:00 Peristiwa

Bagikan

Dewan Gianyar Geram, kok Ada Siswa UN di Rutan
Dewan Gianyar saat Sidak UN.Devada/Semetonnews

Gianyar, Semetonnews- I Wayan Arman Setiawan (19), siswa SMA PGRI 3 Ubud yang  mengikuti UN di Rutan Gianyar, membuat geram kalangan dewan.  Apalagi,  diketahui jika kebijakan pihak sekolah itu,  tanpa sepengetahuan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gianyar.
 
"Kalau koordinasi antar pihak sekolah dan Disdikpora berjalan dengan baik,  tidak  akan ada siswa yang melaksanakan UN di Rutan. Pihak Rutan pasti akan membijaki, jika kita mengajukan permohoan izin agar siswa itu bias  melaksanakan UN di sekolah," kata Ketua Komisi IV DPRD Gianyar,  I  Putu Gede Febriantara saat  memantau UN  di  SMA PGRI 3 Ubud, Rabo (06/04/2016).
 
Sementara di sisi lain kepala sekolah SMA PGRI 3 Gianyar I Wayan Sandi mengaku telah melakukan kordinasi dengan Disdikpora. Saat siswa tersebut ditangkap Polisi, pihak sekolah menurutnya sudah melapor ke Dinas.

Selanjutnya, saat ujian pemantapan, juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Namun,  kini statusnya sudah menjadi tahanan Kejaksaan, Polisi tidak bisa membantu, sehingga kami tetap berupaya agar Arman bisa mengikuti ujian, meksi di dalam Rutan,” kata Sandi.

Jawaban itu, bagi  kalangan dewan  justru yang menjadi sumber masalah.  Anggota Komisi IV liannya, Ni Made Ratnadi,  menilai jika  kebijakan pihak sekolah malah  berakibat riuh suasana . Karena siswa bersangkutan harus melaksankan UN di dari balik Jeruji Besi.

“Terlepas dengan kasus  Pidana  yang menyangkutnya, sebagai siswa seharusnya diupayakan agar bias melaksaankan UN di sekolah bersama teman-temannya,” “ tambah Ratnadi.

 Kepada  pihak sekolah maupun  Disdikpora Gianyar, dewan mengingatkan agar  kasus serupa jangan sampai terjadi lagi.Apalagi Gianyar dicanangkan sebagai kota ramah anak. “Kami tidak ingin mencarai sumber kesalahan. Namuan,  kami hanya ingin ada evaluasi atas kelalaian ini agar tidak terulang lagi,”  pesan Febri.

 Sebagimana diketahui,  dalam tiga hri ini,   I Wayan Arman Setiawan (19), siswa SMA PGRI 3 Ubud, terpaksa mengikuti Ujian Nasional (UN)  dari balik Jeruji Besi, Rutan Gianyar.  Karena, rmaja asal Desa Bedulu, Blahbatuh ini,  kini  berstus tersangka dan  menjadi tahanan  Kejari Gianyar,  setelah ditangkap menjambret wisatawan asing di  awal Maret lalu.
 
 
Penulis : I Nyoman Nana Devada
Editor  : Robinson Gamar