Jelang Nyepi, Polisi Amankan Puluhan Botol Mikol

Rabu, 02 Maret 2016 17:37 Hukum & Kriminal

Bagikan

Jelang Nyepi, Polisi Amankan Puluhan Botol Mikol
Kanit Reskrim Polsek Mendoyo AKP Gusti Komang Muliadnyana saat memimpin operasi cipa mandari. Dalam operasi itu puluhan mikol diamankan. (Dewa Putu Darmada/Jembrana)


Dalam operasi yang melibatkan belasan personil dari semua fungsi kepolisian itu dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Mendoyo AKP Gusti Komang Muliadnyana. Rencananya operasi cipta kondisi tersebut akan berlangsung selama enam hari kedepannya.
Sejumlah swalayan dan warung yang ada di empat desa dan satu kelurahan di obok-obok oleh petugas. Hasilnya, prtugas mengamankan 55 botol mikol golongan A yang dijual tanpa izin.  
“Penjualnya kita berikan pembinaan sekaligus membuat surat pernyataan agar jika nantinya menjual mikol lagi wajib memiliki izin,” terang Muliadnyana kepada Semetonnews di Jembrana, Rabu (2/3) sore.
Puluhan botol mikol golongan A tersebut langsung diamankan. Alasanya, selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang hari Raya Nyepi, juga karena penjualnya melanggar Perda no. 6 tahun 2007, tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol dan Surat Edaran Bupati Jembrana No. 510/118/Disperidagkop/2015, tanggal 5 Februari 2015, tentang peredaran dan penjualan minuman beralkohol.
“Dimana dalam perda dan Surat Edaran Bupati Jembrana tersebut diatur, penjual langsung yang hanya menjual minuman beralkohol golongan A, wajib memiliki Surat Keterangan Penjualan Langsung Minuman Beralkohol Golongan A atau SKPL-A,” tutur Muliadnyana. 
Ditambahkan pula, operasi cipta kondisi ini akan rutin dilaksanakan selama enam hari kedepannya, atau hingga dua hari sebelum Nyepi untuk menghindari kerawaanan saat pawai ogoh-ogoh.

Penulis : Dewa Putu Darmada
Editor : Maria Gracia