Puluhan Penyu Langka Tangkapan Polair Polda Bali Diperiksa BKSDA

Kamis, 07 April 2016 19:30 Hukum & Kriminal

Bagikan

Puluhan Penyu Langka Tangkapan Polair Polda Bali Diperiksa BKSDA
Penyu Langka Dari Madura diselundupkan ke Bali (ist-Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews - Polda Bali gagalkan penyelundupan puluhan penyu langka di perairan  Kubu, Kabupaten Karangasem  pada Rabu (6/4/2016) sekira pukul 19.00 Wita. 

Sekira pukul 15.30 Wita puluhan penyu ini tiba di dermaga serangan dikawal polisi bersenjata. Bau menyegat langsung terasa ketika penyu-penyu ini bersandar di pelabuhan.

Direktur Pol Air Polda Bali, Kombes Pol Purwoko Yudianto mengatakan, bahwa puluhan penyu itu berhasil digagalkan saat akan di jual ke Bali. 

Pihaknya menjelaskan, bisa menangkap orang yang akan menyeludupkan penyu tersebut saat polisi sedang patroli diperairan Kubu.

Saat itu ada kapal yang mencurigakan polisi kemudian langsung menghentikan kapal tersebut. Dan ternyata benar kapal itu membawa satwa yang di lindungi.

"Sebelumnya memang sudah kita incar. Biasanya disana memang selalu dibuat jalur untuk menyelundupkan penyu,"jelasnya, di Denpasar, Kamis (7/4/2016). 

Jumlah penyu yang berhasil digagalkan ini sekitar 45 ekor penyu. "Untuk jumlahnya sendiri ada 45 ekor. Tapi kami kurang tahu sekarang jumlahnya berapa, sebab ada yang mati,"ujarnya. 

Dia menjelaskan, penyu hijau ini dibawa dari Madura, Jawa Timur yang akan di jual ke Karangasem. 

"Untuk prosesnya mereka  mengambil penyu darimana itu masih kita dalami. Yang jelas penyu itu dibawa dari Madura menuju Karangasem,"jelasnya.

Saat ini puluhan penyu itu sedang diperiksa oleh dokter dari BKSDA. Puluhan penyu ini dibawa dari Madura sejak tanggal 20 Maret 2016.

Perdagangan penyu ke Bali melalui jalur laut marak di lakukan, restoran di sejumlah kawasan wisata di Pulau Dewata, dari pantuan BKSDA banyak yang menyajikan menu satwa langka dilindungi tersebut, satwa langka ini dilindungi oleh UU no 5 th 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.


Reporter : Paksi Jalantaka
Editor : Eska