‎Lapas Kerobokan dan Karangasem di sweeping, Dapat Kondom, Sajam dan Narkoba

Kamis, 03 Maret 2016 00:05 Peristiwa

Bagikan

‎Lapas Kerobokan dan Karangasem di sweeping, Dapat Kondom, Sajam dan Narkoba
Tim gabangun TNI/Polri sebelum masuk Lapas (Jalantaka/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews - Petugas gabungan dari Kodim 1611, Polres Badung, BNN Provinsi Bali, Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali dan Polsek Kuta Utara melakukan sweeping di dalam Lapas Kelas II A Kerobokan, Denpasar Bali. Secara bersamaan juga dilakukan hal serupa di Lapas Karangsem.


‎Ironisnya, pengamanan petugas masih saja memadukan barang sejenis Narkoba dan Sajam, bahkan sejumlah kondom belum terpakai juga ditemukan dari dalam lapas.

Komandan Kodim 1611 Letnan Kolonel CZI M Leo Pola Ardiansa mengaku razia di Lapas Kerobokan atas inisiatif oleh Kepala Lapas Kelas IIA Kerobokan Denpasar, KUsbiyantoro. Menariknya, Dia yang mantan Lapas Karangasem ini juga terjadi di Lapas ujung timur pulau Bali.

"Kalapas tadi siang menghubungi saya. Ini memang dadakan. Ini strategi dadakan dari beliau untuk memberikan shock therapy kepada penghuni lapas. Ini upaya positif. Kami dari Kodim Badung dan Polres Badung memback-up upaya beliau," kata Leo di Lapas Kerobokan, Rabu malam 2 Maret 2016.

Menurut dia, razia ini untuk membersihkan Lapas Kerobokan dari narkotika. Selain itu juga untuk mengantisipasi kerusuhan agar tak kembali terulang seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Leo juga menyebut razia dadakan ini sebagai langkah pengamanan hari raya Nyepi agar tercipta situasi kondusif. "Jangan sampai di luar aman di dalam (lapas) justru tidak aman. Ini upaya preventif ke arah sana. Juga dalam hal peredaran narkoba yang jadi fokus perhatian kita. Ini juga upaya pembersihan agar lapas kerobokan ini mempunyai citra negatif," papar dia.

Dalam razia itu, Leo menyebut tim berhasil mengamankan napi yang kedapatan menyimpan narkotika. "Hasilnya tadi kita dapat beberapa paket sabu-sabu termasuk pelakunya ada dua orang, juga sudah diamankan," jelas Leo.

Tak hanya itu, Leo mengaku dalam razia yang dilakukan dengan petugas bersenjata lengkap itu berhasil mengamankan beberapa bilah senjata tajam. "Beberapa senjata tajam juga ternyata masih ada. Sweeping akan sering lakukan. Tadi kita dapat 10 bilah sajam. Senpi tidak ada," tutup dia.

Sementara itu Kapolres Karangasem, AKBP Sugeng Sudarso membenarkan telah melakukan sweeping di wilayahnya, Kepada Semetonnews ia menjelaskan selain sajam, narkoba pihaknya juga menemukan kondom.

Penulis: Paksi Jalantaka