Indonesia Jadi Tuan Rumah sport Armi Negara Asia Pasifik

Senin, 11 April 2016 21:30 Olahraga

Bagikan

Indonesia Jadi Tuan Rumah sport Armi Negara Asia Pasifik
CISM Meeting 4rd Kuta Bali ( Ist-Semetonnews)
Kuta, Semetonnews - Sebagai anggota ke 133, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Conseil International du Sport Militaire (CISM) Asia Meeting ke 4 tahun 2016, Senin (11/4/2016).

Dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, adalah hasil dari forum CISM General Assembly (GA) ke 70 di Kuwait. Itupun disampaikan ulang dalam forum Congress CISM pada CISM WMG di Korea Selatan tahun 2015 silam.

"Di kawasan Asia baru 55 persen jadi anggota CISM. Itu berarti, 45 persen lagi belum. Jadi misinya adalah bagaimana Indonesia jadi sentral yang bisa menarik negara-negara di Asia untuk menjadi member di CISM. Bahkan mungkin bukan hanya di Asia saja, tapi juga Asia Pasifik,” jelas Penasehat Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI), Mayor Jenderal TNI Endang Sodik terkait pelaksanaan meeting salah satu organisasi militer dunia yang bergerak di bidang kegiatan sosial dan olahraga tersebut.

CISM Asia Meeting dipandang memiliki banyak nilai strategis bagi TNI dan Indonesia sendiri. Di antaranya yaitu sebagai media diplomasi yang terbuka serta media mempererat hubungan diplomasi di antar negara anggota ataupun dengan non anggota dalam kawasan Asia-Oceania.

Selain itu, gelaran CISM juga dinilai memiliki manfaat promosi budaya dan wisata Indonesia. Sekaligus membuka peluang besar bagi Indonesia dalam menjalin kerjasama di sektor perdagangan, ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata.

Untuk diketahui, total jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah 51 orang. Mereka berasal dari 21 negara, yakni Bahrain, Indonesia, Iran, Iraq, Jordania, Kazakhstan, Korea Utara, Korea Selatan, Kuwait, Lebanon, Myanmar, Oman, Pakistan, Palestine, Qatar, Saudi Arabia, Sri Lanka, Syria, Timor Leste, United Arab Emirates, dan Vietnam.

Penulis:Surya
Editor : Eska